Sukses

Tertarik Pakai Jasa Doula saat Persalinan? Baca Ini Dulu!

Apa plus-minus memakai jasa doula dalam persalinan seperti yang dilakukan oleh Atiqah Hasiholan istri aktor Rio Dewanto?

Klikdokter.com, Jakarta Doula adalah wanita terlatih yang bertugas mendampingi proses persalinan. Tugasnya adalah memberikan dukungan pada ibu yang akan melahirkan, termasuk dukungan psikis dan emosional. Doula akan berada di dalam ruangan bersalin yang sama dengan calon ibu dan sang suami. Atiqah Hasiholan istri dari Rio Dewanto pun menggunakan jasa doula saat melahirkan 23 Juni lalu.

Saat ini, kehadiran doula semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat. Sejumlah selebritis tanah air termasuk Atiqah Hasiholan pun tak ketinggalan mengikuti tren ini. Istri aktor Rio Dewanto itu menjatuhkan hati pada seorang doula bernama Irma Syahrifat. Irma, saat dihubungi KlikDokter.com, menceritakan pengalamannya selama membantu persalinan para ibu.

“Kebetulah doula mbak Atiqah adalah saya dan mbak Sinta dari Nujuhbulan Studio,” kata Irma mengawali pembicaraan.

Irma menuturkan, biasanya bagi setiap ibu hamil yang menjadi klien akan disediakan satu orang primary doula dan dibantu dengan satu orang back-up doula. Masing-masing dari mereka akan membagi jam kerja untuk dapat memenuhi kebutuhan dari klien tersebut.

Para doula akan mulai mendampingi ibu hamil sejak beberapa waktu sebelum proses persalinan. “Sebab selain menjadi doula, para ibu hamil juga akan diajak mengikuti kelas edukasi persalinan,” sambung Irma.

Pertimbangkan ini sebelum memilih doula

Mengutip dari Americanpregnancy.org, kehadiran doula nyatanya memberi banyak dampak positif dalam kamar persalinan. Untuk itu, satu hal utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah, pastikan doula yang akan Anda pilih cocok dengan pribadi Anda dan dapat dipercaya dalam kondisi apapun.

Pasalnya, doula inilah yang nanti akan menuntun Anda sejak dari berbaring di kasur persalinan, hingga saat Anda akan segera melahirkan. Doula akan berperan sebagai penenang, dengan memijat, mengucapkan kalimat menyenangkan bahkan sekadar membelai bagian tubuh Anda.

Untuk memberi efek yang maksimal, tentu membutuhkan seseorang yang benar-benar sesuai untuk Anda.

Biasanya, secara psikologis Anda akan lebih dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang yang Anda percayai. Namun meski telah memilih doula, bukan berarti Anda akan berjalan sendiri. Suami Anda tetap memegang peran penting sebagai pendamping persalinan Anda.

Untuk itu, pastikan suami dan keluarga Anda merasa cocok dan telah sepakat dengan keputusan Anda menggunakan jasa doula terpilih. Atiqah Hasiholan tentunya juga sudah mendiskusikan penggunaan doula dengan Rio Dewanto dan keluarganya.

Sebuah penelitian telah menunjukkan tingkat melahirkan yang lebih positif saat seorang ibu menggunakan jasa doula. Biasanya ibu hamil akan merasa lebih percaya diri ketika ada orang lain yang mengerti apa yang dia rasakan. Hal tersebut dapat mendorong ibu untuk lebih semangat dalam melahirkan.

Menggunakan jasa doula seperti Atiqah Hasiholan, disebut dapat meningkatkan angka ibu hamil yang melalui persalinan secara normal. Jadi, tak ada salahnya jika Anda tertarik ingin menggunakan jasa doula sebagai pendamping persalinan. Tapi jangan lupa, tetap konsultasikan keputusan penggunaan doula kepada suami, keluarga dan dokter Anda, ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar