Sukses

Apa Manfaat Susu Kecoak Bagi Tubuh?

Penelitian terbaru mengungkapkan kecoak ternyata bermanfaat bagi tubuh, hingga diciptakanlah sebuah produk: susu kecoak. Benarkah bermanfaat

Klikdokter.com, Jakarta Kecoak memang banyak dihindari karena dinilai menjijikkan. Bagi sebagian orang dan mungkin termasuk Anda, mendengar nama kecoak mungkin akan menimbulkan sensasi yang tak menyenangkan. Namun bagaimana jika terdapat produk susu kecoak yang ternyata berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda?

Di balik penampilannya yang banyak membuat orang merinding, peneliti menemukan bahwa dalam tubuh kecoak terdapat protein susu yang baik untuk tubuh manusia. Bahkan, kandungan susu kecoak disebut tiga kali lebih bermanfaat dibandingkan dengan susu sapi.

Sekelompok peneliti dari Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine (inStem) di Bangalore, India, telah meneliti kandungan tersebut. Mereka mengurai struktur kristal protein susu yang terdapat di dalam tubuh kecoak dan hasilnya memuaskan.

Namun, tidak semua jenis kecoak yang memiliki kandungan zat berkhasiat tersebut. Nyatanya hanya ada jenis kecoak Diploptera punctata yang menurut para peneliti dapat diproses menjadi minuman penuh manfaat tersebut. Kecoak jenis ini hidup di sepanjang tepi Asia Pasifik dan merupakan satu-satunya spesies kecoak yang dikenal dapat melahirkan.

Peneliti juga menemukan bahwa susu dari kecoak spesies Diploptera punctata masuk dalam kategori minuman super. Pasalnya, setiap gelas dari susu kecoak tersebut mempunyai banyak kandungan yang cukup melengkapi kebutuhan tubuh.

"Kristal itu seperti makanan lengkap karena mereka memiliki protein, lemak dan gula," kata Sanchari Banerjee, salah satu penulis utama penelitian tersebut, dikutip dari TIMES.

"Jika Anda melihat kandungan protein di dalam kecoak tersebut, mereka memiliki semua asam amino esensial,” sambungnya.

Namun hingga kini para peneliti masih mengembangkan hasil temuan tersebut untuk memastikan bahwa kristal yang terkandung dalam tubuh kecoak Diploptera punctata aman dikonsumsi oleh manusia dalam jangka panjang.

Nah penasaran dengan hasil olahan dari susu kecoak ini? Anda berani untuk mencobanya?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar