Sukses

Benarkah Minum Minyak Kelapa Dapat Lancarkan Pencernaan?

Rutin minum minyak kelapa disebut-sebut dapat melancarkan pencernaan. Bagaimana fakta medisnya?

Klikdokter.com, Jakarta Pohon kelapa yang banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia dapat diolah menjadi berbagai produk yang mendatangkan manfaat, salah satunya adalah minyak kelapa. Namun tahukah Anda, ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa rutin minum minyak kelapa bisa membantu lancarkan pencernaan?

Minyak kelapa mengandung medium chain fatty acids (MCFA), yaitu asam lemak rantai sedang. Asam lemak tersebut berbeda dengan asam lemak pada umumnya, karena molekulnya lebih kecil sehingga mudah diserap dan dicerna oleh usus.

Manfaat minyak kelapa untuk pencernaan memang telah diketahui sejak lama. Minyak kelapa dapat memicu gerakan usus yang teratur, sehingga dapat mencegah terjadi konstipasi atau sulit buang air besar. Asam lemak dalam minyak kelapa memiliki efek antimikroba dan dapat membunuh berbagai kuman dalam pencernaan.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, yakni vitamin A, D, E, dan K, serta kalsium dan magnesium. Selain itu, mengonsumsi minyak kelapa juga dapat mencegah terjadinya infeksi di saluran cerna Anda.

Selain bermanfaat untuk saluran pencernaan, minyak kelapa juga memiliki berbagai manfaat lainnya yaitu sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, mencegah terjadi kejang pada penderita epilepsi, membantu meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kelembapan kulit bila dioleskan langsung.

Meski demikian, konsumsi minyak kelapa tetap harus Anda batasi. Karena bila digunakan secara berlebihan, minyak kelapa justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

American Heart Association menganjurkan konsumsi kolesterol tidak lebih dari 13 gram per hari atau setara dengan satu sendok minyak kelapa. Selain itu, cara mengonsumsi minyak kelapa pun tidak harus selalu diminum langsung.

Anda dapat menambahkannya pada salad sayuran atau dijadikan minyak penumis sayuran. Dengan demikian, jumlah asupan minyak kelapa ke dalam tubuh Anda pun dapat dibatasi tanpa kehilangan manfaatnya.

Selama dikonsumsi dengan benar dan dalam jumlah yang tepat, minyak kelapa dapat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk melancarkan pencernaan Anda. Jika Anda ragu, konsultasikan pada dokter Anda, mengenai penggunaan minyak kelapa untuk tujuan kesehatan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar