Sukses

Stres karena Pekerjaan? Jangan Sungkan Ungkapkan pada Atasan

Stres karena pekerjaan merupakan hal yang wajar terjadi. Utarakan masalah tersebut pada atasan untuk menemukan solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Rasa bosan dan jenuh adalah hal yang biasa menyerang kapan saja termasuk dalam melakukan pekerjaan. Jika kondisi ini semakin berlarut-larut, Anda bisa terjebak stres yang berujung pada depresi. Hal itu tentu akan mengancam karir Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.

Menurut seorang Pelatih Perbaikan Pelayanan Kesehatan di Queensland, Jane Stanfield, mengungkapkan kepada atasan tentang kondisi yang sedang Anda alami, bisa membantu Anda. Nyatanya kondisi seperti ini akan selalu ditemui. Jika dibiarkan, dapat menurunkan produktifitas kerja bahkan memicu terjadinya gangguan jiwa lainnya.

Untuk itu, cobalah berbicara empat mata dengan atasan Anda mengenai keadaan tersebut. Namun sebelum memulai pembicaraan dengan atasan perhatikan kiat berikut ini:

1. Anda tidak sendirian

Dari sejumlah pekerja yang hidup di kota-kota besar, Anda bukanlah satu-satunya pegawai yang sedang stres dengan tumpukan pekerjaan. Sebuah survei dari Families and Work Institute menemukan bahwa lebih dari separuh pekerja merasakan hal yang sama, rata-rata merasa terlalu banyak bekerja, dan 70 persen memimpikan pekerjaan yang berbeda.

Tentu atasan Anda pun mengetahui dan telah memperkirakan hal tersebut. Utarakan apa yang Anda rasakan dengan benar sehingga atasan Anda dapat memberikan pertimbangan untuk memberi Anda waktu untuk rehat sejenak.

2. Katakan dengan jujur

Ketimbang berbohong dan ‘mencuri’ waktu untuk mangkir dari pekerjaan, cobalah untuk lebih jujur. Lalu bicarakan apa yang Anda rasakan dan apa yang dibutuhkan. Tunjukkan juga contoh bagaimana Anda menjadi karyawan yang kuat dan berdedikasi, serta sampaikan kasus yang solid mengapa kelelahan kerja itu buruk bagi Anda dan perusahaan secara keseluruhan.

Jujur dan spesifik tentang apa yang Anda butuhkan untuk memperbaiki situasi. Jika tampak masuk akal, akan lebih sulit bagi atasan Anda untuk menolaknya.

Agar meyakinkan atasan, hindarilah menggunakan kalimat yang berlebihan dan terkesan dibuat-buat. Katakan apa yang Anda butuhkan. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menghilangkan stres Anda, agar kembali ke kantor menghadapi pekerjaan dalam kondisi prima.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar