Sukses

Sering Cemas di Pagi Hari? Ini Solusinya

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas di pagi hari.

Pagi hari adalah waktu yang paling krusial karena bisa membuat orang mudah cemas dan tidak mood. Jika kecemasan tidak segera diatasi, hal ini bisa berpengaruh terhadap aktivitas sepanjang hari.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar pikiran lebih rileks? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1 dari 3 halaman

Alasan Merasa Cemas di Pagi Hari

Pernahkah Anda merasa cemas ketika terbangun di pagi hari? Mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya dan jika terjadi, hal ini bisa membuat hari Anda menjadi tidak menyenangkan.

Salah satu penyebab utama dari kecemasan berlebihan adalah karena meningkatnya hormon stres atau kortisol dalam tubuh. Hormon ini meningkat saat menjelang Anda terbangun dari tidur. Sayangnya, jika diproduksi berlebihan, hormon ini bisa menyebabkan Anda mengalami gejala kecemasan.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Kecemasan Sosial

Meningkatnya hormon ini ada hubungannya dengan bagaimana kualitas tidur Anda dan apa yang Anda konsumsi sebelum tidur.

1. Buruknya Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk, seperti terbangun terus di malam hari dan waktu tidur yang kurang, akan membuat tubuh menjadi stres. Hal ini akan meningkatkan produksi hormon stres sehingga saat Anda bangun, Anda akan merasa cemas, bad mood, serta kelelahan.

2. Konsumsi Gula Berlebihan

Meningkatnya kadar gula darah dengan cepat akan membuat Anda merasa segar dan gembira pada awalnya. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa peningkatan yang cepat seperti ini tidak baik. Hal ini bisa terjadi setelah mengonsumsi minuman yang manis-manis, misalnya.

Peningkatan yang cepat akan diikuti dengan penurunan yang cepat pula. Jadi ketika Anda terbangun, gula darah Anda menurun dengan drastis dan hal inilah yang menyebabkan Anda merasa cemas dan bad mood saat bangun tidur.

 

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Kecemasan Pagi Hari

Tentu saja, memulai pagi dengan perasaan cemas adalah sesuatu yang tidak menyenangkan dan tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai pagi dengan tenang tanpa kecemasan berlebihan.

  1. Lakukan Hal-Hal yang Positif

Setiap orang cenderung mengalami perasaan takut setiap Minggu malam. Hal ini sangat wajar terjadi karena akhir pekan telah berakhir. Tanyakan pada diri Anda mengapa perasaan takut itu bisa muncul? Lalu cobalah untuk melakukan hal-hal positif agar perasaan takut itu hilang.

  1. Berhenti Membandingkan

Pernahkah Anda membandingkan pekerjaan Anda dengan pekerjaan orang lain, kemudian mengeluh karena pekerjaan Anda jauh lebih berat? Jika Anda terus-menerus mencemaskannya dan khawatir tentang hari-hari Anda, hal inilah yang harus dihentikan.

Artikel Lainnya: 7 Gejala Fisik Akibat Gangguan Kecemasan

Penting untuk Anda ketahui bahwa setiap orang berjuang untuk hidupnya masing-masing. Jadi tidak perlu cemas dengan apa yang terjadi pada diri Anda, karena semua itu memang siklus kehidupan yang harus dihadapi oleh setiap manusia.

  1. Identifikasi Penyebab Kecemasan

Gangguan kecemasan biasanya tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Duduklah dan pikirkan dengan tenang apa yang Anda rasakan. Apakah pekerjaan Anda terlalu menegangkan? Apakah hubungan membuat Anda tidak bahagia? Apakah kegelisahan ini berkembang dari waktu ke waktu?

Jangan panik jika Anda tidak bisa menemukan penyebabnya. Namun jika Anda bisa menemukannya, rasa cemas itu harus Anda hilangkan, yakni dengan mengatasi pusat kecemasan berlebihan itu.

  1. Jujurlah

Apa pun keadaan emosional Anda, bersikaplah jujur dengan diri Anda sendiri, dengan keluarga atau dengan beberapa teman dekat. Karena mereka pasti akan membantu mengurangi masalah Anda dan inilah tips anti cemas yang paling ampuh.

Bertingkah seolah-olah Anda tidak merasa cemas atau sedih membutuhkan banyak energi dalam jumlah besar. Tentunya, hal ini akan menutup kemungkinan dukungan dari orang-orang yang peduli dengan Anda.

  1. Atur Waktu Tidur

Rasa cemas dan tidak nyaman di tubuh bisa disebabkan oleh pola tidur yang buruk atau insomnia. Beberapa gangguan kesehatan seperti konsentrasi yang buruk, energi yang berkurang, dan masalah daya ingat bisa muncul di pagi hari ketika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang baik.

Artikel Lainnya: Ubah Kecemasan Jadi Energi Positif dengan Cara Ini

  1. Batasi Asupan Gula

Ketika gula darah terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, hal ini akan membuat Anda merasa lelah, lesu, dan mengantuk. Gula dapat meningkatkan adrenalin yang kemudian memicu kecemasan, hiperaktif, dan sulit konsentrasi.

Oleh karena itu, batasilah asupan gula Anda. Anjuran konsumsi gula per hari adalah sekitar empat sendok makan. Sebagai solusi kecemasan pagi hari, konsumsilah makanan sehat yang kaya protein atau mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Jangan Terbiasa Membuka Ponsel Ketika Bangun Tidur

Ponsel bisa menjadi salah satu pemicu mengapa Anda sering merasa cemas saat pagi tiba. Pasalnya radiasi yang ada pada ponsel bisa melemahkan otak, sehingga otak menjadi sulit untuk bekerja dan Anda sering merasa pusing dibuatnya. Jadi kalau bisa, jauhkan ponsel dari diri Anda ketika tidur dan bangun tidur.

  1. Latihan Pernapasan Dalam

Tentu kita tahu bahwa bernapas merupakan salah satu upaya yang tepat untuk mengurangi kegelisahan. Untuk itu, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan dalam (deep breathing) secara rutin. Dengan begitu, tubuh dan pikiran Anda akan jauh lebih rileks.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas berlebih pada pagi hari. Namun, jika Anda setiap hari mengalami kecemasan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai gangguan kecemasan atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

2 Komentar