HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi6 Makanan Ini Memicu Penuaan Dini
Diet dan Nutrisi

6 Makanan Ini Memicu Penuaan Dini

Gerardus Septian Kalis, 12 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hindari beberapa makanan ini jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini.

6 Makanan Ini Memicu Penuaan Dini

Selain rokok, ternyata beberapa makanan ini juga bisa memicu penuaan dini, sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia seharusnya. Meski begitu, tidak ada makanan yang dapat membuat Anda langsung terlihat tua, tetapi jika Anda terus-menerus dan berlebihan dalam mengonsumsinya, maka hal itulah yang bisa membuat Anda tampak lebih tua.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu penuaan dini:

1. Gula

Kelebihan gula dalam tubuh dapat mendorong proses yang disebut glikasi. Bila Anda mengonsumsi gula lebih banyak dari yang bisa diproses oleh sel tubuh, molekul gula yang tersisa akan bergabung dengan protein dan membentuk produk glikasi.

Proses glikasi ini juga menghasilkan berbagai jenis protein radang di dalam tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

2. Alkohol

Alkohol ternyata dapat memengaruhi kerja hati. Padahal, hati yang sehat juga dapat membuat kulit Anda terlihat sehat. Ketika hati Anda bekerja optimal, ia dapat menyingkirkan racun yang bisa memengaruhi kulit.

Sementara itu, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, alkohol merupakan diuretik alami yang dapat menyebabkan Anda sering kencing. Jadi, semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, risiko terjadinya dehidrasi semakin besar.

Faktanya, dehidrasi menyebabkan terjadinya kulit kering, mudah timbul kerutan dan keriput. Maka tak heran jika Anda akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

3. Daging hangus

Di dalam daging hangus terdapat kandungan hidrokarbon pro-inflamasi yang dapat menimbulkan masalah peradangan dan pada akhirnya dapat memecah kolagen di kulit. Pastikan bahwa Anda mengikis bagian hitam yang terdapat pada daging yang dimasak sebelum memakannya.

Jangan lupa juga untuk membersihkan panggangan agar hidrokarbon pro-inflamasi tidak mencemari makanan Anda yang selanjutnya Anda masak. Selain itu, daging olahan juga mengandung silfit dan bahan pengawet lainnya, yang dapat memicu peradangan pada kulit dan mempercepat penuaan.

4. Lemak trans

Menurut dr. Dewi Ema Anindia, lemak trans (trans fat / lemak tak jenuh) dapat membuat kulit menjadi kaku dan tidak lentur. Lemak trans membuat kaku dan dapat menyumbat pembuluh darah yang dapat membuat kulit semakin terlihat tua.

Dengan menjauhi lemak trans, Anda juga dapat mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, hingga obesitas. Lemak trans biasanya mudah didapatkan dari mentega dan minyak goreng.

5. Minuman berenergi

Minuman yang tinggi akan gula seperti soda dapat membuat tubuh dehidrasi. Menurut sebuah studi di Denmark, meminum satu liter soda cola teratur setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak di hati, otot dan sekitar organ dalam perut. Penumpukan lemak ini dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

6. Makanan asin

Garam yang Anda gunakan hampir dalam setiap masakan ternyata dapat membuat tubuh Anda dehidrasi, sehingga akan membuat Anda lelah dan membuat kulit pucat. Disamping itu, garam juga cenderung berakibat buruk untuk tubuh karena dapat memicu penyakit hipertensi.

Menurut  Ranella Hirsch, MD, dari American Society of Cosmetic Dermatology & Aesthetic Surgery, banyak makanan kaleng yang diawetkan dengan sodium yang bisa membuat Anda tampak gemuk. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung sodium antara lain; soda kue, bubuk soda sebagai pengawet, obat pencahar, makanan yang dipanggang, keju dan sereal.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu penuaan dini dan membuat Anda tampak lebih tua. Oleh karenanya, kurangi konsumsi keenam jenis makanan yang sudah dijelaskan di atas agar Anda tetap awet muda. Yuk, hidup sehat dengan menjaga asupan makanan ke dalam tubuh.

[NP/ RVS]

Penuaan DinimakananTips Awet Muda

Konsultasi Dokter Terkait