Sukses

Catat, Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Nyeri Otot

Nyeri otot sering kali disepelekan. Padahal, banyak kebiasaan yang Anda lakukan ternyata dapat menyebabkan nyeri otot. Apa saja?

Apapun aktivitas atau pekerjaan Anda, nyeri otot seringkali dialami. Tak hanya aktivitas yang melibatkan kerja fisik saja, aktivitas sehari-hari dapat memicu terjadinya nyeri otot. Kebiasaan yang salah dan pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab nyeri otot. Apa sajakah?

1 dari 2 halaman

Kebiasaan yang Memicu Nyeri Otot

Rasa nyeri pada otot dapat menyerang ketika sedang beraktivitas atau sesudahnya. Seluruh tubuh yang pada dasarnya memiliki jaringan otot dapat mengalami rasa nyeri ini.

Penyebab nyeri otot akibat pola hidup yang salah perlu dihindari agar Anda tidak mengalami masalah nyeri ini. Jika sudah terkena nyeri otot, aktivitas sehari-hari pun akan terganggu, bukan? Oleh karena itu, cara mengatasi nyeri otot yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari beberapa  kebiasaan yang salah berikut.

  1. Postur Tubuh yang Buruk

Postur tubuh yang buruk dapat memberikan beban pada otot dan tulang belakang. Kebiasaan postur tubuh yang buruk secara terus menerus dapat mengubah karakteristik anatomi tulang belakang dan menjadi penyebab nyeri otot pinggang dan punggung.

Hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari masalah ini, yakni dengan memperhatikan postur tubuh Anda, terutama ketika duduk atau berdiri. Saat duduk, hindari tempat duduk yang terlalu rendah. Usahakan posisi pinggul Anda lebih tinggi dari lutut. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Nyeri Otot di Leher

  1. Mengangkat Benda Berat dengan Cara yang Salah

Cedera pada pinggang sering terjadi ketika seseorang mencoba untuk mengangkat benda berat dengan cara yang salah. Akibatnya, Anda dapat mengalami nyeri otot. 

Agar terhindar dari nyeri otot akibat angkat benda dengan cara yang salah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat hendak mengangkat benda berat, tekuk lutut Anda, gunakan kekuatan kaki, dekatkan benda ke tubuh Anda, dan jaga punggung Anda tetap lurus. 

  1. Duduk Terlalu Lama 

 

Duduk terlalu lama dapat menjadi salah satu penyebab nyeri otot. Masalah ini sering kali dialami oleh pekerja kantoran yang duduk di balik meja.

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan beban pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Postur yang membungkuk pun akan membuat nyeri otot bertambah parah.

Ada beberapa upaya yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari nyeri otot akibat kebiasaan yang salah ini. Usahakan untuk duduk tegak di kursi yang dapat menopang punggung Anda. Patikan kedua kaki Anda dapat menyentuh lantai, serta tidak menggantung. Usahakan untuk bangun dan bergerak selama beberapa menit setiap setengah jam.

Artikel Lainnya: Kenali 7 Tanda Tubuh Perlu Istirahat

  1. Malas Berolahraga

Salah satu penyebab nyeri otot adalah malas bergerak dan tidak berolahraga. Apabila menerapkan pola hidup yang tidak sehat ini, Anda akan rentan mengalami nyeri otot. 

Bergerak dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi tegangan otot. Oleh karena itu, seseorang yang berada dalam posisi statis dalam jangka waktu yang lama (semisal duduk atau berdiri), disarankan untuk melakukan peregangan otot guna menghindari nyeri.

Malas berolahraga juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami berat badan berlebih. Berat badan berlebih akan memberikan beban ekstra pada otot dan sendi Anda, terutama pada punggung, tulang belakang, dan lutut. Akibatnya, Anda akan mudah mengalami nyeri otot.

  1. Merokok

 

Kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menghambat aliran darah ke otot, tulang, dan sendi. Selain itu, nikotin juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami degenerasi pada bantalan tulang.

Pola hidup yang tidak sehat ini akan mengakibatkan Anda rentan alami nyeri otot, terutama nyeri punggung.

Artikel Lainnya: 5 Tanda Nyeri Punggung yang Perlu Anda Waspadai

Merokok juga dapat mengurangi penyerapan kalsium dan pembentukan tulang yang baru. Oleh karena itu, perokok rentan mengalami osteoporosis (kondisi tulang menjadi mudah rapuh dan patah), serta penyembuhan pasca patah tulang menjadi lebih lama. 

  1. Kurang Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D diperlukan dalam asupan sehari-hari dan merupakan nutrisi penting untuk kekuatan tulang. Sekitar 99% kalsium yang ada di dalam tubuh terdapat pada tulang dan gigi.

Kalsium dibutuhkan tubuh dalam proses perkembangan dan menjaga kekuatan tulang. Tulang yang rapuh tentu akan membuat Anda mudah alami nyeri.

Anda bisa mendapatkan sumber kalsium dari susu dan produk olahannya, serta beberapa sayuran hijau seperti brokoli. Sementara itu, vitamin D bisa diperoleh dari ikan berlemak seperti tuna, salmon, makarel, serta dari paparan sinar matahari.

Kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dapat memicu terjadinya nyeri otot dan perlu Anda hindari. Jika nyeri berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan keluhan Anda ke dokter spesialis ortopedi. 

Jika memiliki pertanyaan seputar masalah nyeri otot atau informasi kesehatan lainnya, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat 24 jam untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[WA/RS]

1 Komentar