Sukses

4 Penyebab Badan Sulit Kurus Meski Sudah Olahraga

Sudah olahraga secara rutin, tapi mengapa badan tetap gemuk. Apa yang salah?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal tentunya impian hampir semua orang. Bahkan tak sedikit yang percaya bahwa hal ini memegang peranan penting dalam karier. Namun bagaimana jika badan sulit kurus meski telah olahraga?

Menjawab hal ini, Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia merekomendasikan kombinasi diet sehat dan olahraga sebagai strategi dasar dalam menurunkan berat badan. Namun jika masih juga sulit turun meski sudah rajin olahraga, mungkin ada yang keliru dalam pola diet Anda.

Jurnal Clinical Medical Insights, tahun 2015, menyebutkan empat kesalahan mendasar yang sering membuat berat badan sulit turun meski sudah berolahraga.

  1. Pembatasan kalori yang terlalu drastis

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, diet ketat dan ekstrem sering dijadikan pilihan. Padahal ini justru membuat berat badan yang sudah turun menjadi cepat naik lagi, atau dapat disebut seperti efek yoyo. Selain itu, diet ketat bisa membuat Anda lebih mudah menyerah saat menurunkan berat badan.

  1. Rendah nutrisi, tapi tinggi kalori atau tinggi gula

Anda mungkin sering berpikir bahwa makanan seperti keripik manis, kue manis, atau minuman manis tidak akan mengganggu diet Anda. Padahal, makanan-makanan yang tampak ‘ringan’ ini sebenarnya berkalori tinggi.

  1. Jadwal makan berantakan

Melewatkan jadwal makan untuk membantu menurunkan berat badan merupakan salah satu kesalahan fatal yang paling berbahaya. Pasalnya, tubuh akan jatuh dalam kondisi terlalu lapar, sehingga cenderung akan menuntut lebih banyak kalori pada jadwal makan berikutnya.

  1. Menggunakan obat berlebihan

Mengandalkan obat pelangsing berlebihan tanpa diimbangi kebiasaan sehat, juga membuat berat badan akan mengalami penurunan dan kenaikan dengan efek yoyo. Maksudnya, berat badan cepat turun, tapi kemudian naik lagi dengan cepat pula.

Sementara itu, dr. Jessica Florencia, menyarankan Anda untuk membiasakan diri memilih makanan dan minuman yang rendah gula, termasuk kopi atau teh. Dengan demikian, kerja keras dalam olahraga untuk mendapatkan badan kurus tidak sia-sia. Tubuh pun menjadi lebih sehat dan bugar.

Untuk itu, berolahragalah secara teratur dan kombinasikan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang. Pilihlah strategi diet yang tepat agar berat badan turun. Dengan demikian, berat badan ideal dan tubuh sehat bukan kagi hanya impian.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar