Sukses

Pentingnya Kombinasi Olahraga dan Pola Makan untuk Diet?

Mengapa dalam sebuah program diet, olahraga saja tidak cukup? Agar berhasil, Anda juga dituntut untuk menjaga pola makan sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai bagian dari masyarakat modern, Anda tentu sering ‘terjebak’ dalam berbagai kesibukan. Namun, tuntutan untuk tampil prima dan sehat juga tidak bisa diabaikan. Agar tetap sehat di tengah aktivitas yang padat, penting bagi Anda untuk menjalani diet sehat dan berolahraga.

Memang, menurut Annual Review of Public Health, diet merupakan salah satu faktor penting dalam kesehatan modern saat ini. Tapi, jangan sembarangan diet. Diet yang keliru dapat berujung pada penyakit kronis, dan kematian di usia muda. Sebaliknya, diet yang sehat dapat meningkatkan kualitas dan usia harapan hidup seseorang.

Selain itu, sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diet yang sehat harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang baik. Sebab, energi yang masuk ke dalam tubuh lewat diet harus dikeluarkan melalui aktivitas fisik dan olahraga.

Jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, tahun 2014, juga menegaskan bahwa olahraga memegang peranan penting dalam menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tidak naik kembali.

Diet yang sehat atau olahraga memang dapat dilakukan sendiri-sendiri dan tetap memberikan dampak terhadap berat badan. Namun, hasil penelitian yang dimuat di Jurnal Obesity, tahun 2012, menegaskan bahwa efek paling optimal terhadap penurunan berat badan didapatkan dari kombinasi diet sehat dan olahraga.

Jadi, bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus olahraga secara rutin serta mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Makanan yang rendah gula, lemak, dan garam adalah pilihan yang tepat.

Menurut dr. Jessica Florencia, Anda pun harus memperhatikan asupan makanan atau minuman setiap hari, seperti kopi. Jika Anda rutin mengonsumsi kopi, pilihlah yang rendah gula agar diet Anda tetap terjaga.

Ayo, hidup sehat mulai sekarang! Jangan sampai berat badan tidak turun dengan baik atau justru gagal diet hanya karena pola makan yang keliru. Pastikan juga Anda rutin berolahraga, agar hasilnya semakin maksimal.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar