Sukses

Camilan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Apa saja camilan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga? Bolehkah mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula?

Klikdokter.com, Jakarta Agar dapat berolahraga dengan baik dan membuahkan hasil yang optimal, tubuh membutuhkan energi yang cukup. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa tubuh tidak dalam keadaan kelaparan sebelum olahraga.

Jurnal Nutrients, tahun 2014, merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan atau minuman sumber energi, 1–2 jam sebelum memulai olahraga. Camilan ringan seperti sports bar, energy bar, atau sereal dapat menjadi pilihan.

Jurnal Sports of Medicine, tahun 2014, juga merekomendasikan asupan kopi sebanyak 1–2 cangkir sebelum olahraga untuk meningkatkan performa dan mendapatkan manfaat optimal dari olahraga.

Lantas bagaimana dengan camilan tinggi gula, seperti kukis dan kue manis? Journal of Sports Science, tahun 2004, menyebutkan bahwa asupan gula sederhana seperti pada kukis dan kue manis hanya akan bertahan sebentar.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, kukis dan kue manis cenderung membuat tubuh cepat lemas. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari camilan tinggi gula sebelum olahraga.

Menurut dr. Jessica Florencia, Anda dapat mengonsumsi camilan rendah gula agar tubuh tidak merasa lemas dan malas setelahnya. Susu dan buah juga dapat menjadi pilihan sumber energi sebelum berolahraga.

Namun, pastikan tubuh tidak dalam kondisi terlalu kenyang sebelum olahraga, agar terhindar dari rasa tidak nyaman saat olahraga. Ingin ngopi sebelum olahraga? Anda dapat memilih kopi rendah gula. Hal ini penting agar olahraga memberikan hasil yang optimal karena didukung dengan diet sehat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar