Sukses

Cara Praktis Atasi Kulit Gatal saat Hamil

Kulit gatal saat hamil bisa sangat menganggu. Lakukan cara praktis ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi yang paling sering dikeluhan oleh ibu hamil adalah rasa gatal yang tak tertahankan di sekitar kulit. Namun Anda tak perlu khawatir, kulit gatal saat hamil adalah hal yang umum terjadi.

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, kulit gatal saat hamil disebabkan oleh meningkatnya suplai darah (sirkulasi) ke kulit, perubahan hormon, ataupun peregangan kulit.

Kulit gatal saat hamil umumnya tidak berbahaya, kecuali jika keluhan yang terjadi disertai dengan bentol-bentol, rasa gatal semakin menggila, dan terjadi di seluruh bagian tubuh. Terlebih, jika keluhan disertai gejala kuning pada kulit atau mata.

Gatal dengan ciri khas tersebut dapat disebabkan oleh gangguan hati. Meski tidak memengaruhi kondisi sang ibu, gatal akibat gangguan hati dapat berdampak buruk pada janin dalam kandungan.

Untuk itu, lakukanlah pendeteksian dini dengan pemeriksaan fungsi hati di laboratorium, termasuk pemeriksaan kadar asam empedu dalam darah. Jika hasilnya normal, berarti gatal-gatal yang terjadi saat hamil merupakan gejala normal.

Cara mengatasi kulit gatal saat hamil

Kulit gatal saat hamil dapat sangat mengganggu. Malah, gatal yang tak kunjung usai tersebut bisa saja membuat ibu hamil merasa depresi dan stres.

Maka itu, agar keluhan tidak menyeret Anda pada kondisi tersebut, cobalah untuk melakukan kiat berikut ini:

  1. Hindari mandi menggunakan air panas. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal bertambah.
  2. Gunakan pelembap khusus. Pastikan pelembap yang digunakan tidak mengandung bahan pewangi.
  3. Gunakan pakaian yang lebih tipis. Hindari terlalu lama berada di bawah terik matahari, karena panas dan keringat dapat menyebabkan gatal menghebat.
  4. Jangan menggaruk daerah yang gatal.
  5. Oleskan baby oil pada daerah-daerah yang gatal. Kulit kering merupakan salah satu faktor risiko gatal.

Jika kiat di atas belum mampu mengatasi kulit gatal saat hamil, Anda dapat mengonsumsi obat oral antihistamin untuk meredakan gejala. Selain itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan berkala ke dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar