Sukses

Ingin Jadi Vegetarian? Cari Tahu Dulu Plus-Minusnya

Sebelum Anda memutuskan menjadi vegetarian, ketahui dulu plus-minusnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sedang menimbang-nimbang ingin menjadi vegetarian? Ketahuilah bahwa diet vegetarian memiliki berbagai macam jenis. Ada yang menghindari daging tetapi masih makan susu dan produk susu lainnya, tetapi ada juga yang hanya makan sayur, buah, dan biji-bijian saja.

Sebelum memutuskan, ketahui dulu apa saja plus-minus menjadi vegetarian berikut ini:

Plus: Menurunkan risiko berbagai penyakit

Diet vegetarian merupakan diet bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh. Dengan menjalani diet vegetarian, risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker dapat menurun.

Kolesterol hanya ditemukan pada produk hewani, sehingga menjalani diet vegetarian dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” dan menurunkan kadar kolesterol “jahat” Anda.

Minus: Kekurangan beberapa vitamin dan mineral

Jika Anda menjalani pola diet vegetarian, Anda dapat berisiko kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 merupakan nutrisi yang secara alami didapat dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, ayam, dan produk olahan susu.

Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin B12 dari makanan yang telah terfortifikasi atau suplemen. Selain itu, sumber kalsium yang biasanya didapat dari susu dan produk olahannya, bisa Anda dapatkan dari jus jeruk atau susu kedelai.

Plus: Asupan antioksidan tinggi

Diet vegetarian kaya akan makanan tinggi antioksidan, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dll. Antioksidan penting untuk tubuh karena dapat menangkal sel-sel tubuh dari radikal bebas, contohnya polutan yang ada di udara (asap rokok, asap kendaraan bermotor) atau radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

Minus: Kekurangan protein

Menjalani diet vegetarian berarti menghindari sumber hewani seperti daging dan telur. Padahal makanan tersebut tinggi akan protein. Kekurangan protein dalam tubuh akan membuat penyembuhan luka menjadi lebih lambat, kulit menjadi tampak kusam dan tidak sehat, serta berkurangnya kekuatan otot.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat memperoleh protein dari sumber nabati, seperti kacang kedelai, quinoa, kacang polong, dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya.

Menjalani pola diet vegetarian memang tidak mudah. Pertimbangkan dengan baik plus-minus menjadi vegetarian untuk kesehatan Anda, jika perlu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar