Sukses

Inilah Fakta Menarik Seputar Rambut

Rambut sehat dan indah tidak hanya menarik untuk dilihat, tetapi juga menyimpan banyak fakta menarik di balik keindahannya.

Klikdokter.com, Jakarta Rambut adalah mahkota yang berguna untuk menunjang penampilan. Lewat gaya rambut, Anda bisa memberi tahu kepada dunia bagaimana hidup yang tengah Anda jalani. Tapi tahukah Anda bahwa selain sebagai penyempurna penampilan, rambut memiliki banyak fakta menarik yang tak banyak diketahui. Apa saja

1. Cepat panjang

Di antara semua rambut yang ada di tubuh Anda, rambut di kepala merupakan yang paling cepat panjang. Sebab rambut di kepala memiliki tingkat pertumbuhan yang terbilang cepat.

Mengutip dari Positivemed, rambut di kepala Anda mengalami pertumbuhan setiap hari. Rata-rata rambut akan memanjang sekitar 0,3 sampai dengan 0,5 milimeter setiap harinya. Sejumlah ahli menyarankan Anda untuk rutin memotong rambut, atau setidaknya merapikan ujung rambut Anda setiap 6 minggu. Hal ini untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tetap indah.

2. Rambut rontok

Banyak yang menyangka bahwa rambut rontok selalu berhubungan dengan kondisi kesehatan. Padahal tidak selalu demikian.

Nyatanya, sepanjang hari pasti ada beberapa helai rambut yang jatuh dari kepala Anda. Ada banyak faktor  yang bisa menyebabkan rambut rentan rontok, seperti cuaca, penyakit atau konsumsi obat tertentu.

3. Tanda penyakit jantung

Meskipun tidak selalu berarti penyakit, Anda harus menaruh curiga jika kerontokan yang terjadi terlalu berlebihan. Apalagi jika hal itu menyebabkan kebotakan.

Pasalnya, sebuah penelitian menemukan ada hubungan antara kebotakan dengan risiko penyakit jantung koroner. Penelitian itu melibatkan 40.000 pria yang diamati seputar kerontokan rambutnya. Hasilnya, 70 persen pria yang mengalami kebotakan karena rambut rontok ternyata berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

4. Potong rambut untuk mempercepat rambut panjang

Banyak anggapan yang beredar bahwa sering memotong rambut akan membuatnya lebih cepat tumbuh. Namun hal itu hanya mitos belaka.

Faktanya, bukan memotong rambut yang membuatnya tumbuh cepat dan lebat, tapi perawatan. Jika rambut Anda cukup terawat dengan vitamin dan nutrisi yang baik, maka rambut akan semakin kuat dan cepat tumbuh.

5. Stres membuat rambut rontok

Stres yang parah dapat menyebabkan rambut Anda super rontok. Sebab semua folikel rambut biasanya mengalami periode "istirahat" secara periodik. Tekanan tiba-tiba yang membuat Anda stres dapat menyebabkan rambut mengalami fase istirahat ini secara prematur.

Hal itu yang membuat rambut rontok dan semakin menipis. Biasanya pertumbuhan rambut pulih secara alami, namun penting untuk mengatasi stres dan mencari saran medis untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya, bisa jadi Anda memiliki ketidakseimbangan hormonal, atau efek samping obat belaka.

Setelah mengetahui berbagai fakta penting seputar rambut di atas, Anda jadi akan lebih mengerti bagaimana harus merawat rambut. Jadi, mulai sekarang jaga keindahan dan kesehatan rambut Anda!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar