Sukses

Ini Manfaat Sehat Punya Sahabat

Masih ragukah Anda, bahwa memiliki sahabat memang baik untuk kesehatan? Cek faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Selain menjadi tempat curhat, menangis, dan tertawa bersama, memiliki sahabat ternyata berdampak positif bagi kesehatan. Banyak studi mengungkapkan bahwa sahabat Anda dapat membuat hidup Anda lebih sehat.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Child Development, tim peneliti menemukan bahwa memiliki teman baik di masa kecil dapat memainkan peran penting dalam kesehatan mental seseorang sampai dewasa.

Studi ini diambil dari kumpulan data mengenai kesehatan mental 169 remaja dari berbagai ras, etnis, dan sosioekonomi. Para periset menemukan, orang yang mempunyai kualitas persahabatan cenderung memiliki kecemasan sosial yang rendah dan lebih sedikit gejala depresi.

“Kami tidak terkejut bahwa persahabatan masa remaja itu penting, tetapi kami terkejut betapa pentingnya (persahabatan tersebut) saat mereka dewasa,” kata Rachel Narr, seorang mahasiswa doktoral psikologi di Universitas Virginia.

Narr mengungkapkan, persahabatan yang baik bukan dilihat dari berapa banyak jejaring sosial yang Anda miliki, tetapi lebih kepada kualitas.

Senada dengan penelitian Narr, psikolog Tim Kasser telah mengidentifikasi dua sikap atau pandangan orang terhadap persahabatan. Pertama adalah popularitas, yaitu dorongan untuk memiliki lebih banyak teman dan disukai oleh kalangan masyarakat yang lebih luas. Sementara yang kedua adalah afinitas, yakni dorongan untuk memperdalam dan membangun hubungan dekat dengan orang lain.

Sama seperti temuan Narr, Kasser menemukan bahwa mereka yang mencari popularitas cenderung kurang bahagia, kurang sehat, dan sering kali lebih tertekan. Sedangkan mereka yang mencari dan menemukan kualitas persahabatan memiliki hasil yang berlawanan.

Selain itu, seorang profesor di Michigan State University, Bill Chopik, yang melakukan penelitian pada hampir 280.000 orang, menemukan bahwa kekuatan persahabatan makin kuat seiring bertambahnya usia dan menjadi lebih penting dalam menangkis kesepian dan penyakit kronis.

Penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Review ini menunjukkan, pada umumnya seseorang melihat teman baik untuk mengisi dua hal penting: sumber dukungan kekuatan dan katalisator relasional.

Sumber dukungan kekuatan dimana teman memberikan kenyamanan, perlindungan, dan menenangkan. Sedangkan katalisator relasional artinya teman yang dapat memberi semangat dan berani mengambil tantangan.

Persahabatan terbaik, dengan kata lain, bisa membuat yang buruk menjadi lebih baik—sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh pertemanan yang lebih santai. Untuk Anda yang tidak memiliki sahabat di masa muda, jangan khawatir, karena persahabatan dapat dibangun di segala usia.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar