Sukses

Ingin Badan Kuat Seperti Kopassus TNI? Ini Rahasianya!

Yuk intip rahasia latihan fisik dari Kopassus TNI dan lakukan secara rutin agar badan kuat dan selalu bersemangat.

Klikdokter.com, Jakarta Selama 72 tahun melindungi bangsa, pasukan TNI dikenal memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Badan kuat dan selalu bersemangat merupakan aset penting bagi para anggota TNI untuk menjalankan tugas negara, terutama bagi pasukan elite Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia (Kopassus TNI).

Bagi pasukan TNI, memiliki ketangkasan dan kekuatan adalah satu hal yang wajib. Namun, layaknya manusia lain, kekuatan demikian tak serta merta didapatkan. Nyatanya para pasukan diwajibkan mengikuti serangkaian pelatihan untuk mengasah kekuatan tubuh. Yuk intip apa rahasia membangun tubuh yang lebih kuat ala Kopassus TNI.

Dalam memperingati HUT ke-72 TNI, Kamis (5/10/2017), seorang perwira Kopassus, Letkol Inf. Joko Tri Hadimontoyo, menceritakan menu latihan pasukan itu pada tim Health-Liputan6.com. Katanya, rahasia tubuh kuat pasukan Kopassus berasal dari latihan fisik bernama Kalistenik (Calisthenics) yang rutin mereka lakukan.

"Yang membedakan Kopassus dengan satuan lain itu adalah latihannya. Anggota Kopassus harus terus latihan, latihan, dan latihan," ujarnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

Apa itu Kalistenik?

Kalistenik berasal dari bahasa Yunani, yatu kallos (keindahan) dan sthenos (kekuatan). Arti dari kata tersebut adalah sebuah latihan kebugaran yang dilakukan tanpa alat bantu apapun. Latihan ini dilakukan dengan melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dan membentuk gerakan-gerakan. Kalistenik adalah latihan yang memang sudah sejak dulu diterapkan di dunia militer.

Latihan kalistenik melibatkan berbagai gerakan, seperti menarik, mendorong, mengangkat, dan menekan. Beberapa bentuk gerakan yang dilakukan misalnya: push-up, plank, squats, crunches, pullups, squat jumps dan lain sebagainya.

Meski gerakan yang dilakukan terkesan sederhana dan telah biasa dilakukan, tapi ketika dilakukan secara terus-menerus dan giat, olahraga ini bisa melatih kekuatan dan kemampuan aerobik pelakunya. Apalagi, para pasukan Kopassus menunjangnya dengan pola hidup sehat dan latihan keras yang tak kenal lelah.

"Anggota Kopassus itu bangun jam empat pagi, lalu mereka langsung berolahraga. Kami tidak punya pantangan makan, tapi harus memilih makanan yang sehat," jelas Joko.

Beberapa jenis makanan yang mereka pilih adalah makanan yang dapat membantu pembentukan otot, seperti susu, telur atau kacang hijau.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran, cobalah untuk melakukan latihan ini. Buat rencana empat sesi dalam satu minggu, yang dibagi menjadi 2 titik fokus, yaitu fokus latihan tubuh bagian atas dan fokus latihan tubuh bagian bawah.

Mengutip dari Livestrong, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan jenis latihan fisik yang satu ini. Salah satunya adalah Anda dapat membantu membangun kekuatan dan daya tahan otot, serta meningkatkan kekuatan tulang dan sendi, yang membantu mencegah cedera.

Jika Anda seorang pemula dalam olahraga, metode pelatihan ini juga sempurna untuk membantu Anda mengembangkan tingkat dasar koordinasi, stabilitas dan kontrol otot. Agar olahraga Anda lebih aman dan maksimal hingga mendapat badan kuat seperti Kopassus TNI, libatkan ahli dalam rencana olahraga Anda. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar