Sukses

Menu Makan Siang ala Jepang yang Bikin Panjang Umur

Menu makan siang yang sehat ternyata memengaruhi umur panjang penduduk Jepang. Ketahui rahasia menu makanan orang Jepang berikut ini.

Setiap orang pasti ingin memiliki umur yang panjang. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memerhatikan menu makanan sehari-hari. Anda bisa mencontoh menu makanan orang Jepang yang sudah terbukti membuat panjang umur.

Jepang merupakan negara yang sudah terkenal dengan angka harapan hidup yang sangat tinggi. Menurut data WHO, angka harapan hidup rata-rata penduduk Jepang sekitar 87 tahun.

Pada 2019, tercatat sekitar 2,31 juta penduduknya berumur 90 tahun dan sekitar 71.000 yang berumur 100 tahun!

Dari tingginya angka harapan hidup tersebut, banyak orang bertanya-tanya, apa yang membuat penduduk Jepang panjang umur? Faktor yang paling menonjol adalah makanan orang Jepang yang sehat dan porsinya yang sangat diperhatikan.

1 dari 3 halaman

Jepang dan Penduduknya yang Berumur Panjang

Angka harapan hidup orang Jepang yang sangat tinggi telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh European Journal of Clinical Nutrition tahun 2020, Jepang memiliki rata-rata harapan hidup terpanjang. Hal ini dikaitkan dengan angka kematian yang sangat rendah akibat penyakit jantung dan kanker, terutama kanker payudara dan prostat.

Rendahnya angka kematian akibat penyakit-penyakit tersebut pun dikaitkan dengan rendahnya prevalensi obesitas penduduk jepang.

Hal ini dikarenakan makanan orang Jepang yang cenderung tidak didominasi oleh daging merah, serta lebih sering mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan teh.

Pola makan orang Jepang inilah yang dalam penelitian dikaitkan dengan umur panjang penduduknya.

Artikel lainnya: Doyan Sushi? Ini Menu yang Paling Sehat

2 dari 3 halaman

Makanan Orang Jepang yang Memperpanjang Umur

Pola makan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memperpanjang usia orang-orang Jepang. Mereka menerapkan pola makan sehat dan diet seimbang. Bahkan, kebiasaan makan sehat tersebut telah diterapkan pada anak-anak.

Berikut menu makanan orang Jepang yang bisa Anda konsumsi untuk membantu lebih panjang umur:

1. Ikan

Salah satu menu makan siang orang Jepang yang paling terkenal adalah ikan. Makanan ini merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mereka.

Ikan dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 untuk memelihara kesehatan jantung. Lalu, ikan juga mengandung selenium yang berfungsi mempertahankan antioksidan dan daya tahan tubuh.

The American Heart Association pun menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran, orang yang rajin mengonsumsinya memiliki angka harapan hidup yang lebih baik.

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat sayuran dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Salah satu sayuran yang terkenal di Jepang adalah pare atau biasa disebut goya. Pare dinilai dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah, sehingga menurunkan risiko diabetes.

Artikel lainnya: Tak Cuma Lezat, Ini 8 Manfaat Sushi bagi Kesehatan

3. Biji Kedelai

Biji kedelai sering diolah menjadi menu makanan oleh penduduk Jepang. Nama menunya adalah natto, yaitu makanan tradisional Jepang dari hasil fermentasi biji kedelai.

Biji kedelai mengandung isoflavon yang memiliki sifat atau efek antikanker dan sehat untuk jantung. Selain itu, kedelai juga merupakan sumber protein nabati.

4. Tofu

Bila sering ke restoran Jepang, pasti Anda tidak asing lagi dengan sup miso yang kerap dihidangkan sebagai pembuka. Nah, sup ini berbahan dasar tofu atau tahu yang dibuat dari biji kedelai.

Selain menjadi sumber protein nabati yang baik, kandungan nutrisi kedelai yang beragam dinilai memiliki efek antidiabetes, antikanker, dan baik untuk menurunkan berat badan.

5. Teh Hijau

Orang Jepang sangat suka minum teh hijau. Mereka meminum teh ini tanpa menambahkan gula, sehingga menjadi lebih sehat.

Teh hijau memiliki serangkaian manfaat yang mengesankan, seperti membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, dan menurunkan kolesterol.

Kini, Anda sudah tahu bahwa salah satu rahasia panjang umur orang Jepang terletak pada menu makan siang yang sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda juga menjaga porsi makan dan aktif bergerak seperti orang Jepang, ya.

Dapatkan beragam tips pola makan sehat lainnya di KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi langsung ke dokter lewat Live Chat. Untuk mengetahui berat badan ideal, gunakan Kalkulator BMI.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar