Sukses

Menu Makan Siang ala Jepang Bikin Panjang Umur

Jepang dikenal sebagai negara dengan masyarakat berumur panjang. Ternyata rahasia mereka terletak pada menu makan siang.

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah kesibukan yang padat, kualitas menu makan siang sering dinomorduakan. Anda mungkin kerap mampir ke kedai makanan cepat saji dan memesan makanan lewat fasilitas “drive thru” untuk menghemat waktu.

Padahal, kualitas makan siang juga harus diperhatikan untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Bahkan makan siang yang sehat juga dapat memperpanjang umur Anda. Sebuah studi telah membuktikan hal itu.

Penelitian terbaru menunjukkan, Jepang merupakan negara dengan penduduk yang rata-rata memiliki umur panjang. Mengutip Telegraph, orang Jepang bisa hidup sehat setidaknya hingga usia 83 tahun. Laporan terbaru bahkan menyebutkan, saat ini ada sekitar dua juta penduduk Jepang yang berusia 90 tahun.

Pola makan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memperpanjang usia orang Jepang. Mereka menerapkan pola makan sehat dan diet seimbang. Menu wajib yang ada di dalam pedoman diet mereka adalah ikan, makanan laut, biji-bijian, dan sayuran. Ternyata, kebiasaan makan dengan menu sehat tersebut telah diterapkan bahkan pada anak-anak.

Sekolah-sekolah di negara Jepang sangat mematuhi pedoman diet dan menghindari gula tambahan pada menu makan siang siswa. Dengan cara ini, anak-anak telah dibiasakan untuk menyukai rasa dari jenis makanan tersebut. Di samping itu, mereka tentu mendapatkan manfaat kesehatan, termasuk usia yang lebih panjang.

Orang Jepang sangat suka makan ikan

Orang Jepang sangat suka makan ikan. Kebiasaan ini merupakan satu kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Sebab, ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut dr. Kartika Mayasari, kandungan lemak omega-3 yang ada di ikan terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain menjaga jantung tetap sehat, mengonsumsi ikan juga bisa membantu menjaga ketajaman otak (terutama saat usia bertambah).

Ikan sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan siang anak Anda. Sebab ikan memiliki selenium yang sangat penting untuk mempertahankan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan ikan sebagai makanan yang dapat membantu tumbuh kembang anak. The American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu.

Kini, Anda sudah tahu bahwa salah satu rahasia panjang umur orang Jepang terletak pada menu makan siang yang sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan untuk tidak mengolah ikan dengan cara yang salah, seperti digoreng. Anda dapat mengonsumsi ikan dengan cara memanggang atau merebus seperti membuat sup.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar