Sukses

Tak Sempat Olahraga? Ini Kiat Turunkan Berat Badan

Kesibukan bekerja merupakan alasan banyak orang tak sempat olahraga. Lantas, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa menurunkan berat badan

Klikdokter.com, Jakarta Kesibukan global masa kini memaksa banyak orang bekerja dan beraktivitas tanpa henti. Namun, tuntutan untuk tampil prima dan sehat juga tidak dapat dikesampingkan. Lantas, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa menurunkan berat badan di tengah aktivitas yang padat?

Jurnal Obesity tahun 2012 menegaskan bahwa efek paling optimal terhadap penurunan berat badan didapatkan dari kombinasi diet sehat dan olahraga. Namun menurut dr. Jessica Florencia, baik diet maupun olahraga tetap dapat memberikan dampak penurunan berat badan jika dilakukan sendiri-sendiri tanpa kombinasi.

Jika tak sempat olahraga, rekomendasi yang dimuat di dalam American Journal of Clinical Nutrition, tahun 2005, menganjurkan tiga kiat utama dalam menurunkan berat badan. Kiat-kiat tersebut yaitu:

  • Jangan melupakan sarapan

Sarapan memberikan awal yang baik dalam penyediaan energi untuk satu hari penuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan terus-menerus merasa kelaparan.

Tubuh juga tidak menuntut asupan kalori lebih banyak pada saat jam makan siang. Jadi, sesibuk apapun, Anda jangan sampai melewatkan sarapan sehat dengan gizi seimbang dan porsi sedang.

  • Rendah kalori

Agar berat badan tidak melambung tinggi, asupan rendah gula dan rendah lemak merupakan kunci utama dalam mengatur diet Anda. Journal of Research in Medical Sciences, tahun 2014, menyebutkan bahwa kunci diet yang sehat adalah rendah karbohidrat, rendah gula, dan lemak sedang.

  • Konsisten

Konsistensi adalah kunci sukses dalam menurunkan berat badan, serta menjaga agar tidak terjadi kenaikan berat badan secara yoyo. Menerapkan pola makan sehat saat hari kerja dan pola makan sembarangan di akhir pekan dapat mengagalkan diet dan memicu frustasi.

Untuk itu, Anda harus konsistensi. Anda dapat mendukung konsistensi pola makan sehat dengan rutin memantau berat badan dari minggu ke minggu.

Selain itu, dr. Jessica mengingatkan bahwa pola makan dan minum yang sehat dengan rendah gula dan rendah lemak juga harus diterapkan secara rutin. Misalkan, bila terbiasa mengonsumsi kopi setiap hari, Anda perlu memilih kopi rendah gula. Hal ini penting agar Anda tetap dapat mematuhi batas rekomendasi asupan gula harian.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar