Sukses

Karier Mentok? Ini 5 Tanda Anda Perlu Ganti Pekerjaan!

Jika saat ini Anda tidak bahagia dengan pekerjaan karena karier mentok, mungkin waktunya ganti pekerjaan.

Klikdokter.com, Jakarta Perjalanan meniti karier tidak selamanya berjalan lancar. Seseorang perlu mengambil tindakan berani dalam pekerjaan untuk membuat sebuah terobosan. Berangkat kerja setiap pagi dan pulang menjelang matahari terbenam adalah rutinitas yang bisa memicu kebosanan. Ditambah lagi jika karir Anda mentok.

Menurut sebuah penelitian dari Ohio State University, ketika Anda bertahan di lingkungan kerja yang membosankan dan tidak kondusif, bisa berefek negatif bagi kesehatan tubuh Anda. Kepuasan kerja dan produktivitas pun akan terus menurun. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, dikhawatirkan bisa memicu masalah mental.

Tapi jangan terburu nafsu untuk melepaskan pekerjaan Anda. Kenali dulu situasi yang menjerat Anda tersebut. Cobalah diskusikan kondisi yang Anda rasakan itu dengan penyelia (supervisor) atau atasan Anda. Siapa tahu, Anda hanya merasa lelah, dan perlu piknik.

Agar tak keliru mengenali kondisinya, berikut ini tanda-tanda pemicu kebosanan di tempat kerja:

1. Tidak berkembang

Jika pekerjaan Anda bisa memberikan tantangan dan ruang bagi pengembangan diri, kemampuan Anda pun akan berkembang. Sebaliknya, jika potensi Anda terkubur dalam rutinitas kerja, dan tidak bisa mengembangkan diri, dalam jangka panjang, potensi Anda juga terkubur.

Jika kondisinya demikian, sepertinya ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda harus mencari pekerjaan lain.

2. Memengaruhi kesehatan

Memang, tidak semua orang bekerja pada bidang yang menjadi minatnya, tapi, menurunnya kesehatan secara terus menerus, adalah salah satu indikator yang menandakan pekerjaan itu tidak tepat untuk Anda. Jika suatu pekerjaan memberikan dampak negatif pada kesehatan, berarti Anda perlu segera meninggalkannya.

3. Tidak percaya diri dengan pekerjaan

Apakah Anda pernah merasa malu untuk bercerita kepada orang-orang yang Anda kagumi tentang pekerjaaan Anda? Jika Anda pernah merasa demikian, berarti Anda tidak merasakan kebanggaan atas pekerjaan tersebut. Bisa jadi, ini saatnya Anda mempertimbangkan untuk membangun karier yang menjadi idaman Anda.

4. Sering melamun mengenai karier masa depan

Apakah di tempat kerja Anda pernah melamun tentang bagaimana rasanya terbebas dari pekerjaan? Meskipun tidak ada salahnya memimpikan pekerjaan yang lain, namun membayangkannya terus-menerus, menandakan bahwa Anda memasuki fase bosan.

5. Tidak pernah mendapatkan penghargaan

Pekerjaan Anda harus memberikan kepuasan dan dorongan untuk terus maju. Anda harus merasa bahagia dengan pencapaian walaupun dalam skala kecil. Namun, jika Anda tidak mendapatkan penghargaan sesuai dengan apa yang Anda kerjakan, situasi ini bisa menyebabkan Anda merasa tidak dihargai. Jika kondisi ini berlarut-larut, rasa tidak puas pun bisa muncul.

Nah, mana di antara tanda-tanda di atas yang sedang Anda alami? Jika Anda mengalami salah satunya, bicarakan dengan atasan Anda untuk mendapat solusi terbaik dari mentoknya karier Anda. Namun jika memang tidak ada lagi yang bisa dilakukan, dan hanya menyebabkan depresi, mungkin sudah saatnya Anda membangun karier baru.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar