Sukses

5 Cara Sederhana Atasi Serangan Migrain

Inilah beberapa cara yang mudah Anda lakukan untuk mengurangi migrain.

Klikdokter.com, Jakarta Migrain adalah salah satu bentuk sakit kepala yang bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Namun, pada beberapa kasus migrain banyak terjadi pada perempuan. Sakit kepala migrain biasanya terkonsentrasi di satu tempat, seperti di bagian kepala sebelah kanan atau kiri.

Bila Anda menderita serangan migrain, berikut ini kiat-kiat yang bisa membantu meringankan sakit kepala Anda:

1. Minum cukup air

Salah satu penyebab migrain yang sering terjadi adalah dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, volume darah akan turun, akibatnya akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak. Minumlah 1–2 liter air sehari agar dapat mengurangi keparahan, durasi, dan frekuensi serangan migrain.

2. Mengatur cahaya

Saat migrain menyerang Anda, masuklah ke ruangan gelap dan sepi. Istirahatkan diri dari semua kesibukan untuk membantu mengurangi ketegangan. Jika Anda sedang bekerja dan tidak dapat menemukan ruangan gelap, berpalinglah dari layar komputer untuk beberapa saat. Sedikit pengurangan cahaya akan membantu mengurangi rasa migrain.

3. Pengompresan

Untuk mengurangi nyeri di kepala, beberapa orang mengompres kepalanya dengan sesuatu yang dingin. Di sisi lain, kompres dingin cenderung mengencangkan otot yang menjepit saraf dan memperbesar pembuluh darah sehingga kompres hangat lebih disukai karena mampu membuat relaksasi otot. Pengompresan bisa dilakukan sambil melakukan pijatan pada bagian atas kepala atau atas telinga dengan lembut.

4. Mengubah gaya hidup

Perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah migrain di masa depan. Hindarilah makanan-makanan yang dapat memicu migrain pada diri Anda. Misalnya, ada beberapa orang yang merasa sakit kepala saat mengonsumsi kopi atau anggur merah.

Selain itu, hindari MSG dalam setiap makanan karena dapat mencetuskan migrain. Makanlah pada waktu yang sama setiap hari, dan jangan lewatkan waktu makan untuk alasan apa pun.

5. Waktu tidur yang cukup

Migrain juga sering disebabkan oleh kurangnya waktu tidur di malam hari. Upayakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama, termasuk pada akhir pekan. Lakukan apa pun yang membuat Anda rileks sehingga bisa mudah terlelap.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk meminimalkan migrain. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter mengenai beberapa obat yang harus Anda konsumsi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar