Sukses

Alami Gangguan Pencernaan, Hindari Makanan Ini!

Tidak ingin gangguan pencernaan yang Anda alami semakin parah? Ini makanan yang wajib dihindari.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan pencernaan merupakan keluhan yang bikin penderitanya kebingungan dalam memilih makanan. Makan ini, makan itu, semua serba salah.

Ya, gangguan pencernaan memang menuntut penderitanya untuk cermat dalam memilih makanan. Jika tidak demikian, bukan tidak mungkin keluhan akan menjadi semakin buruk dari hari ke hari.

Karenanya, jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan, berikut makanan yang wajib dihindari:

1. Makanan pedas

Jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah atau diare, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas. Makanan ini dapat membuat keluhan semakin parah, terlebih jika Anda memiliki sakit mag. Karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung.

2. Makanan asam

Makanan yang terlalu asam seperti jeruk, lemon, mangga muda, termasuk minuman bersoda dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu peningkatan asam lambung. Karena itu, sebaiknya hindari asupan ini jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan Anda. Alhasil, pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan Anda akan semakin sulit buang air besar. Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat meningkatkan kontraksi pada saluran cerna, dan membuat diare semakin parah.

4. Kripik dan camilan ringan

Camilan ringan kerap mengandung pengawet dan tinggi garam. Akibatnya, makanan jenis ini dapat membuat rasa tidak nyaman di perut atau begah. Selain itu, kandungan serat yang rendah pada makanan ini juga dapat membuat Anda susah buang air besar.

5. Susu dan produk olahannya

Bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa, konsumsi susu dan produk olahannya dapat menyebabkan gejala kembung, perut begah dan diare. Karena itu, bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan jenis ini, beralihlah ke susu kedelai atau susu almond.

Itulah beberapa makanan yang wajib Anda hindari saat gangguan pencernaan menyerang. Jika sudah menghindari makanan di atas namun keluhan belum juga membaik, jangan ragu untuk segera membawa diri ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar