Sukses

Benarkah Wanita Lebih Sering Terkena Mag?

Tahukah Anda bahwa dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering terkena mag. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Mual, muntah serta nyeri ulu hati merupakan keluhan yang paling sering dilontarkan ketika mag menyerang. Kondisi tersebut terjadi dimana asam lambung meningkat sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti terbakar pada lambung, ulu hati bahkan dada.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa para wanita lebih mudah terkena stres. Pasalnya, tidak sedikit yang akhirnya melampiaskan stres ke makanan tinggi lemak dan kalori yang kurang baik bagi lambung. Di samping itu, stres juga dapat memicu perubahan hormonal tubuh yang merangsang produksi asam lambung berlebih. Terlebih, bagi para wanita pekerja yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya.

Mereka kerap melupakan makan dan memilih untuk menunda rasa lapar dengan camilan sembarangan, tanpa berpikir panjang mengenai kandungan gizinya. Hal itulah yang menyebabkan gangguan pencernaan lebih berisiko pada wanita.

Di samping itu, wanita lebih gampang terpengaruh jika sudah berhubungan dengan diet. Berbagai metode diet yang salah serta mengonsumsi obat pelangsing, dilakukan tanpa memperhatikan efek samping. Semuanya demi menurunkan berat badan secara cepat, sehingga berakibat meningkatnya produksi asam lambung.

Kendati demikian, meskipun gangguan pencernaan atau peningkatan asam lambung lebih berisiko pada wanita, bukan berarti pria terbebas dari kondisi tersebut. Oleh karenanya, perhatikan pola makan sejak dini agar Anda dapat terhindar dari penyakit mag.Pada dasarnya selain mag, penyakit lain juga bisa timbul dari pola makan Anda sehari-hari.

Karena itu, tetaplah menjaga pola makan dengan gizi seimbang dan asupan nutrisi yang cukup agar pencernaan Anda tetap terjaga.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar