Sukses

Latihan Pernapasan Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Cobalah latihan pernapasan yang hanya membutuhkan waktu 1 menit ini, untuk mengusir insomnia.

Klikdokter.com, Jakarta Seorang profesor kedokteran di University of Arizona, Andrew Weil, MD, memperkenalkan teknik bernapas bagi Anda yang kerap mengalami insomnia. Latihan pernapasan selama 1 menit ini diklaim ampuh untuk membuat Anda lebih tenang dan mudah terlelap.

Mengutip Prevention, latihan pernapasan ini diberi nama “teknik pernapasan 4-7-8”. Menurut Weil, melalui teknik pernapasan ini, tubuh dapat mengambil lebih banyak oksigen, membuat sistem saraf lebih santai dan meningkatkan rasa tenang. Cara ini pun dapat menyeimbangkan sistem saraf, yang kerap lebih terstimulasi saat Anda stres.

Stres dan rasa gelisah memang sering dituduh sebagai salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Teknik yang terinspirasi dari praktik pernapasan India kuno Pranayama ini disebut juga dapat membantu Anda menuju tingkat spiritual. Sebab dapat membantu Anda menjalin hubungan lebih dalam dengan tubuh.

Sensasi rileks yang dihasilkan pun dapat mengalihkan perhatian dari pikiran sehari-hari, sehingga membuat otak beristirahat. Secara perlahan, ketegangan yang dirasakan tubuh akan berkurang, dan Anda akan mengantuk dengan sendirinya.

“Cara ini benar-benar sederhana, tidak membutuhkan waktu, tidak perlu peralatan, dan bisa dilakukan di mana saja,” kata Weil.

Cara latihan pernapasan 4-7-8Untuk melakukan teknik pernapasan ini, Anda perlu mengembuskan napas sepenuhnya melalui mulut sambil mengeluarkan suara desiran “whoosh”. Tutup mulut, lalu tarik napas pelan melalui hidung hingga hitungan empat di dalam hati.

Untuk lebih jelas, ikuti petunjuk berikut ini:

1. Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi Anda.

2. Buang napas cukup kuat melalui mulut hingga terdengar suara "whoosh".

3. Katupkan mulut dan tarik napas lembut melalui hidung dalam empat hitungan.

4. Tahan napas sampai hitungan tujuh, Anda bisa menghitung dalam hati sambil menahan napas.

5. Keluarkan napas melalui mulut Anda dalam satu embusan napas. Buang napas dalam delapan hitungan (8 detik), dan buatlah suara mendesis.

6. Tarik napas lagi dan ulangi cara-cara di atas sebanyak tiga kali.

Saat melakukan teknik itu, kata Weil, pastikan posisi lidah Anda tidak berubah sampai latihan selesai. Dokter Harvard terlatih ini menjelaskan, 4-7-8 adalah teknik ampuh karena memungkinkan oksigen mengisi paru-paru dengan lebih baik.

Saat stok oksigen di paru-paru cukup banyak, peningkatan rasa tenang dan rileks adalah satu hal yang akan Anda dapatkan. Bernapas dalam seperti ini juga disebut dapat membantu meredakan stres.

Weil menyarankan untuk berlatih teknik ini dua kali sehari, selama 6–8 minggu sampai menguasai dengan cukup baik. Sehingga Anda akan bisa tertidur hanya dengan latihan pernapasan selama 60 detik di malam hari. Bagaimana? Tertarik untuk segera mempraktikkan?

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar