Sukses

5 Fakta Menarik tentang Tubuh Manusia

Tidak hanya berperan penting dalam menjaga kesehatan badan secara keseluruhan, organ-organ pada tubuh manusia juga menyimpan fakta menarik.

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh manusia terdiri dari banyak organ, seperti otak, ginjal, hati, kulit, dan lainnya. Masing-masing organ memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain memiliki peran penting tersebut, organ-organ pada tubuh manusia juga menyimpan fakta dan rahasia lain. Apa saja fakta tersebut?

1. Sebanyak 16 persen dari berat badan Anda berasal dari kulit

Anda mungkin berpikiran bahwa hanya organ-organ tubuh, seperti jantung, hati ginjal, bahkan tulang yang menyumbang angka besar dalam total berat badan. Padahal sekitar 16 persen dari berat badan Anda berasal dari kulit – termasuk kuku dan rambut.

2. Sekitar sepuluh persen waktu “hidup” Anda dihabiskan untuk berkedip

Sejak bangun tidur di pagi hari sampai tidur kembali di malam hari adalah waktu ‘hidup’ bagi mata Anda. Artinya, dalam jangka waktu tersebut, mata akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk terbuka. Tapi tahukah Anda, 10 persen dari waktu ‘hidup’ tersebut dilalui mata dengan kondisi tertutup? Hal ini terjadi karena kelopak mata berkedip selama menjalani aktivitas harian. Rata-rata, mata akan berkedip sebanyak 15-20 kali dalam setiap menit.

3. Musik memengaruhi kerja jantung

Sebuah studi menemukan bahwa rutin mendengarkan musik berkaitan langsung dengan kesehatan kardiovaskular. Penelitian ini menunjukkan, musik dapat secara langsung memicu perubahan fisiologis yang memodulasi tekanan darah, denyut jantung, dan pernapasan.

"Musik menginduksi perubahan sistem kardiovaskular yang terus-menerus, dinamis, dan sampai batas tertentu," kata seorang profesor kedokteran di University of Pavia, Italia seperti dikutip dari Scientific American. Menurutnya, perubahan pada kardiovaskular dan pernapasan terjadi mengikuti tempo musik.

4. Ribuan ekspresi wajah

Wajah adalah media utama komunikasi antar manusia. Jika selama ini Anda mungkin hanya mengenal beberapa ekspresi yang dihasilkan wajah seperti tersenyum, cemberut, tertawa, Anda pasti akan terkejut saat mengetahui fakta berikut.

Dalam buku berjudul Faces Around the World: A Cultural Encyclopedia of the Human Face, wajah manusia disebut dapat menghasilkan 7.000 ekspresi yang berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh sejumlah besar otot-otot yang berada di area wajah.

5. Otak menghasilkan listrik yang cukup untuk menghidupkan bola lampu

Mengutip National Geographic Kids, otak manusia terdiri dari sekitar 100 miliar sel mikroskopis yang disebut neuron. Setiap kali seseorang tengah bermimpi, tertawa, berpikir, melihat, bahkan bernapas, saat itulah terjadi interaksi antar neuron di otak. Sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui miliaran jalur kecil neuron.

Bahkan, neuron otak membuat dan mengirimkan pesan lebih banyak daripada pesan yang dikirimkan ponsel di seluruh dunia. Masing-masing neuron inilah yang menghasilkan listrik. Meskipun satu neuron hanya menghasilkan sedikit daya listrik, namun jika seluruh neuron dalam otak digabungkan, maka dapat menghidupkan sebuah bola lampu dengan watt rendah.

Demikian tadi fakta tentang organ tubuh manusia. Menarik, bukan? Yuk, mulai mensyukuri segala keajaiban yang diberikan lewat tubuh ini. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan dan merawat organ tubuh.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar