Sukses

Makanan Pereda Nyeri PMS

Rasa nyeri sudah terasa saat memasuki premenstrual syndrome (PMS). Bagaimana mengatasinya? Simak makanan pereda nyeri PMS berikut ini.

Sebagian wanita bisa mengalami rasa nyeri tak tertahankan menjelang waktu datang bulan. Kondisi ini dikenal sebagai premenstrual syndrome (PMS). Penurunan kadar hormon estrogen ketika akan menstruasi menyebabkan timbulnya nyeri PMS.

Nyeri yang timbul terkadang masih bisa diatasi dan tidak terlalu mengganggu. Namun, ada pula wanita yang merasakan nyeri hebat hingga aktivitas terganggu. 

Bila Anda juga mengalaminya, coba konsumsi beberapa makanan pereda nyeri PMS berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Selai Kacang

Makanan lezat yang biasa jadi olesan roti ini ampuh mengurangi sakit PMS di sekitar perut. Sebab, selai kacang mengandung banyak vitamin B6 dan magnesium.

Magnesium membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotin. Hormon ini meningkatkan mood agar terhindar dari rasa tertekan dan depresi

Lalu, vitamin B6 berperan meningkatkan kadar melatonin tubuh, yaitu hormon yang dapat mengatur pola tidur.

Dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung magnesium, kalsium, dan vitamin B6, rasa nyeri dan kram selama PMS dapat dikurangi, bahkan dihentikan.

2. Pisang

Kram dan nyeri PMS akan semakin terasa berat pada 2 atau 3 hari menjelang menstruasi. Nah, pisang adalah salah satu makanan pereda nyeri PMS terbaik.

Buah pisang mengandung potasium tinggi dan vitamin B6 yang dapat meredakan gejala PMS. Pasalnya, saat tubuh tidak memiliki cukup potasium, risiko kram pun akan meningkat. 

2 dari 5 halaman

3. Salmon

Ikan salmon juga dapat menurunkan rasa nyeri PMS. Karena, salmon mengandung omega-3 yang dapat mengatur mood dan reaksi otak. Jadi, Anda bisa merasa lebih nyaman dan nyeri pun reda.

Selain itu, setiap potong ikan salmon banyak mengandung vitamin B. Kandungan ini berfungsi mengisi energi tubuh yang terkuras saat haid. 

Vitamin D juga bisa ditemukan dalam ikan salmon. Menurut penelitian oleh University of Massachusetts, Amerika Serikat, responden wanita haid berusia 18-30 tahun mengaku tak lagi merasakan nyeri akibat gejala haid. 

Hal itu terjadi setelah mereka mengonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Artikel lainnya: Yuk, Kenali Sindrom Pra-Menstruasi (PMS) pada Wanita!

4. Dark Chocolate

Satu batang dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Konsumsi cokelat hitam juga membantu mengontrol tekanan darah.

Cokelat jenis ini pun kaya magnesium. Nyatanya, mengonsumsi cokelat dapat memperbaiki suasana hati dan menghilangkan rasa lelah. 

3 dari 5 halaman

5. Telur

Telur bisa menjadi makanan pereda nyeri PMS berkat kandungan vitamin B6, D, dan E. Sebuah studi menemukan, sama seperti vitamin D, konsumsi vitamin B bisa mengurangi nyeri akibat PMS. 

Perhatikan cara memasak telur dan imbangi dengan makanan sehat lainnya, sehingga mendapat manfaat maksimal.

6. Alpukat

Sama halnya dengan dark chocolate, alpukat juga mengandung magnesium yang tinggi. Manfaatnya dapat memperlancar sirkulasi darah dan membantu meredakan kram perut akibat PMS.

Sebagai pilihan makanan pereda nyeri PMS yang sehat dan enak, Anda bisa buat sandwich atau toast bread dengan tambahan irisan alpukat.

4 dari 5 halaman

7. Susu

Kandungan kalsium dalam susu dapat membantu meredakan nyeri perut karena PMS, serta mengurangi perut kembung. Produk olahan susu lainnya juga memiliki manfaat yang sama, lho.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bernutrisi seimbang adalah kunci terbebas dari nyeri PMS. Perbanyaklah asupan makanan rendah lemak dan garam, tinggi protein, serta vitamin dan mineral. 

Selain itu, jangan lupa banyak makan buah-buahan, sayur, dan gandum, serta olahraga teratur.

Itulah beberapa contoh makanan pereda nyeri PMS yang bisa Anda coba. Bila ingin konsultasi lebih lanjut dengan dokter seputar menstruasi, pakai Live Chat dari KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar