Sukses

5 Makanan Pereda Nyeri PMS

Wanita yang telah mengalami haid pasti akrab dengan nyeri PMS. Tak perlu khawatir, ada makanan yang bisa membantu redakan nyeri tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, hari pertama datang bulan bisa terjadi rasa nyeri yang tak tertahankan. Kondisi ini dikenal sebagai premenstrual syndrome (PMS). Menurut dr. Reza Fahlevi dari klikdokter, penurunan kadar hormon estrogen ketika sedang menstruasi menyebabkan timbulnya nyeri PMS.

Nyeri yang timbul terkadang masih bisa diatasi dan tidak terlau mengganggu. Namun ada pula wanita yang akan merasakan nyeri hebat bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda termasuk dalam golongan tersebut, coba konsumsi makanan di bawah ini untuk meredakan nyeri PMS.

1. Selai Kacang

Mengutip situs Prevention, jenis makanan yang satu ini ampuh untuk meredakan rasa sakit yang muncul di sekitar perut selama PMS. Sebab selai kacang mengandung banyak vitamin B6 dan magnesium.

Magnesium membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotin. Ini merupakan hormon peningkat mood alami yang dapat menghindarkan Anda dari rasa tertekan dan depresi. Selain itu, vitamin B6 berperan dalam meningkatkan kadar melatonin tubuh, yaitu hormon yang dapat mengatur pola tidur Anda.

Dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung magnesium, kalsium dan vitamin B6 selama PMS, rasa nyeri dan kram yang terjadi mungkin dapat dikurangi, bahkan dihentikan.

2. Pisang

Beberapa kram dan nyeri PMS akan semakin terasa berat pada dua atau tiga hari menjelang menstruasi. Dan pisang adalah satu makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi untuk memerangi nyeri PMS.

Sebab pada setiap buah pisang mengandung potasium tinggi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kram. Pasalnya, saat tubuh Anda tidak memiliki cukup potasium, risiko mengalami kram pun akan meningkat. Dan pisang, dengan kandungan potasium dan vitamin B6, adalah pilihan terbaik untuk meredakan gejala PMS.

3. Salmon

Satu piring menu ikan salmon menjanjikan penurunan rasa nyeri PMS. Karena salmon memiliki kandungan omega-3 yang dapat membantu mengatur mood dan reaksi otak, sehingga Anda mungkin akan mendapatkan rasa nyaman dan nyeri pun reda.

Selain itu, setiap potong ikan salmon banyak mengandung vitamin B, yang berfungsi dalam mengisi energi tubuh yang terkuras saat Anda haid. Vitamin D juga akan Anda temukan dalam sajian ikan salmon.

Menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts, responden wanita haid yang berusia 18 sampai 30 tahun mengaku tak lagi merasakan nyeri akibat gejala haid. Hal itu terjadi setelah mereka mengonsumsi vitamin D dengan jumlah yang cukup setiap harinya.

4. Dark Cokelat

Satu batang dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat memperlancar sirkulasi darah Anda. Selain itu, mengonsumsi cokelat pun akan membantu mengontrol tekanan darah.

Cokelat jenis ini juga kaya akan magnesium dan kandungan lainnya. Nyatanya, mengonsumsi cokelat dapat memperbaiki suasana hati Anda dan menghilangkan rasa lelah.

5. Telur

Telur dapat membantu meredakan gejala PMS sebab mengandung vitamin D, B6 dan vitamin E. Sebuah penelitian menemukan, sama halnya dengan vitamin D, banyak mengonsumsi vitamin B juga dapat mengurangi nyeri PMS. Tentunya Anda harus memperhatikan cara mengolah telur, dan makanan lainnya, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Nyatanya modifikasi gaya hidup dengan konsumsi makanan bernutrisi seimbang adalah kunci untuk terbebas dari nyeri PMS. Perbanyaklah asupan makanan rendah lemak dan garam, tinggi protein, vitamin dan mineral. Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur dan gandum serta olahraga teratur.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar