Sukses

Minum Air Kelapa saat Hamil Bikin Kulit Bayi Putih?

Benarkah rutin minum air kelapa murni saat hamil dapat membuat kulit bayi putih?

Klikdokter.com, Jakarta Air kelapa murni memang memiliki sederet manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, banyak orang percaya bahwa minum air kelapa murni saat hamil akan membuat kulit bayi putih. Namun, benarkah hal itu?

Air kelapa murni merupakan air yang didapatkan dari kelapa yang masih berwarna hijau. Menurut dr. Karin Wiradarma, dari satu buah kelapa muda ukuran sedang, bisa menghasilkan sekitar 120-240 ml air kelapa.

Air kelapa banyak mengandung nutrisi, termasuk vitamin C. Kandungan inilah yang memiliki manfaat langsung bagi kesehatan kulit. Namun menurut Karin, manfaat yang diberikan air kelapa sekadar membentuk dan merawat kecantikan kulit, termasuk pada bayi yang akan dilahirkan. Vitamin C dan kandungan lain di dalam air kelapa tidak bisa mengubah warna kulit seseorang.

“Air kelapa banyak mengandung vitamin C. Kandungan itu bagus untuk kulit, bisa membuat kulit lebih kenyal dan membentuk kolagen. Tapi kalau mengubah warna kulit, tidak bisa,” katanya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Artinya, kepercayaan yang selama ini beredar hanya mitos belaka. Namun bukan berarti ibu hamil yang rutin minum air kelapa tidak akan mendapatkan manfaat sehat sama sekali. Justru sebaliknya, air kelapa dapat membantu mencegah dan mengurangi dehidrasi, serta menghindarkan Anda dari infeksi saluran kemih selama masa kehamilan.

Meski aman dikonsumsi oleh wanita hamil karena alami dan tidak mengandung zat berbahaya untuk janin, air kelapa tidak boleh diberikan kepada bayi. Bayi usia 0-6 bulan harus mengonsumsi ASI secara eksklusif – tanpa makanan dan minuman tambahan lain, dan meneruskan konsumsi ASI sampai berumur 2 tahun.

“Bahkan air putih pun tidak dianjurkan untuk diminum oleh bayi di bawah usia tersebut,” ujar Karin.

Bila ingin memberikan air kelapa, Karin menyarankan orang tua untuk menunggu hingga si Kecil menginjak usia satu tahun. Sebab pada usia tersebut, umumnya saluran pencernaan anak sudah lebih aman dan dapat ikut memakan menu makanan keluarga, termasuk air kelapa sebagai pelepas dahaga.

Kini, Anda telah mengetahui bahwa minum air kelapa murni saat hamil dapat membuat kulit bayi putih, adalah mitos belaka. Namun air kelapa telah terbukti dapat mencegah dehidrasi dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Bahkan, rutin minum air kelapa dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar