Sukses

Inilah 10 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga

Selain untuk memasak, minyak kelapa juga memiliki sejuta manfaat lain yang tak pernah Anda duga!

Klikdokter.com, Jakarta Meski mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa terbukti bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat lain yang tak pernah Anda duga dari minyak kelapa:

Alzheimer dan Epilepsi

Minyak kelapa adalah sumber asam lemak jenuh yang paling banyak, yakni 90% kandungannya adalah asam lemak jenuh rantai sedang.

Kebanyakan asam lemak jenuh rantai panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sedangkan asam lemak jenuh rantai sedang pada minyak kelapa, justru bisa memberikan manfaat kesehatan.

Selain dapat langsung digunakan sebagai sumber energi, asam lemak jenuh rantai menengah tersebut juga dapat diubah menjadi benda keton yang dapat menjadi terapi bagi penyakit Alzheimer dan epilepsi (ayan).

Bebas Penyakit

Masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik (bagian dari Selandia Baru) dan Kitava (bagian dari Papua Nugini) merupakan pemakan asam lemak jenuh terbanyak di dunia.

Meskipun 60% kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, angka kejadian penyakit jantung pada masyarakat Tokelau dan Kitava sangat rendah. Mereka didapati sehat walfiat dan jarang terkena penyakit degeneratif.

Membakar Lemak

Meskipun minyak kelapa termasuk lemak jenuh, namun konsumsi minyak kelapa ternyata dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Menurut penelitian mengemukakan mengonsumsi 15-30 gram asam lemak jenuh rantai sedang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 5%, atau membuang sebanyak 120 kalori. Bagaimana lumayan bukan?

Membunuh Bakteri

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur. Dengan demikian, menurunkan risiko Anda untuk terkena penyakit infeksi.

Mengurangi Rasa Lapar

Keton yang merupakan hasil metabolisme dari asam lemak jenuh rantai sedang dalam minyak kelapa didapati memiliki kemampuan mengurangi rasa lapar.

Menurut penelitian membuktikan bagi seseorang yang mengonsumsi asam lemak jenuh rantai sedang didapati mengonsumsi makanan 256 kalori lebih rendah.

Menurunkan Kolesterol

Asam lemak jenuh rantai sedang yang terkandung di dalam minyak kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Karena itu, minyak kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Melembapkan Kulit

Pemilik kulit kering bisa mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini. Pasalnya, studi membuktikan bahwa kandungan lemak dalam minyak kelapa mampu menutrisi dan melembapkan kulit kering. Kulit pun lebih terawat, cantik, dan sehat.

Menyehatkan Rambut

Rambut Anda kering, rusak, dan bercabang akibat terlalu sering dicat atau terkena panas? Minyak kelapa bisa membantu memperbaiki rambut dan mengembalikannya menjadi sehat dan berkilau.

Tabir Surya

Jika dioleskan ke kulit dan rambut, minyak kelapa juga dapat membantu menangkal pengaruh buruk sinar matahari.Obat KumurTak disangka, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri, menyehatkan gigi dan gusi, serta menghilangkan bau mulut tak sedap yang mengganggu.

Nah, itulah serangkaian manfaat minyak kelapa yang belum Anda duga! Tertarik untuk mencobanya di rumah? Lakukan secara rutin agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar