Sukses

Asupan Pencegah Osteoporosis Selain Susu

Ingin cegah osteoporosis tapi tidak suka susu? Anda dapat mengonsumsi makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Osteoporosis merupakan kondisi ketika kepadatan tulang berkurang (keropos) dan lemah, sehingga rentan terjadi patah tulang. Keadaan ini umumnya berkembang perlahan, selama bertahun-tahun. Untungnya, banyak tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Beberapa di antaranya adalah menerapkan diet sehat, dan berolahraga secara teratur.

Dari sisi diet, kalsium adalah zat yang paling berperan untuk menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu, susu yang mengandung banyak kalsium merupakan bintang utama dalam mencegah osteoporosis. Itu karena kalsium merupakan bahan utama pembentuk tulang, bahkan 99% dari cadangan kalsium di tubuh ditemukan pada tulang. Secara umum, orang dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Kebutuhan ini akan meningkat seiring pertambahan usia.

Kebutuhan kalsium akan menjadi 1300 mg/hari bagi wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun.

Selain susu, terdapat beberapa asupan kaya kalsium lainnya, yang juga mampu mencegah osteoporosis. Asupan tersebut, misalnya:

   1. Produk olahan susu, seperti yoghurt, dan keju.

   2. Kacang kedelai dan olahannya, seperti tahu, dan tempe.

   3. Sayur-sayuran berdaun hijau, seperti bok choy, kol, seledri, dan lainya.

   4. Buah-buahan yang dikeringkan

   5. Kacang-kacangan

Agar tulang semakin kuat dan risiko osteoporosis semakin kecil, Anda juga butuh vitamin D.

Kebutuhan vitamin D harian adalah 600 IU pper hari untuk usia di bawah 70 tahun, dan 800 IU per hari untuk usia di atas 70 tahun. Sumber vitamin D adalah:

   1. Matahari pagi

   2. Ikan berminyak, seperti salmon, sarden, tuna, dan tenggiri.

   3. Hati.

   4. Daging merah.

   5. Kuning telur.

Di atas adalah beberapa asupan pengganti susu, yang baik untuk memperkecil atau bahkan mencegah kejadian osteoporosis. Pastikan Anda mengonsumsinya secara bergantian dan dalam jumlah yang tepat, diikuti dengan olahraga secara rutin dan teratur.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar