Sukses

Hindari Makanan Ini saat Diare

Agar lekas pulih saat diare, Anda harus menghindari beberapa makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Diare merupakan kondisi ketika feses yang dikeluarkan berbentuk cair dengan frekuensi lebih sering. Umumnya, penyebab diare adalah makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi mikroorganisme.

Bila mengalami diare, tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan banyak cairan.Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi lebih banyak cairan saat mengalami diare. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi. Anda juga tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan ketika saluran pencernaan sedang tidak beres.

Bila sedang mengalami diare, Anda harus menghindari beberapa makanan ini.

1. Susu

Susu dan beberapa produk turunannya seperti keju, yoghurt, serta es krim adalah beberapa makanan yang harus dihindari ketika diare.

Susu mengandung laktosa dan lemak yang membuat usus bekerja lebih berat saat mencernanya. Konsumsi laktosa, apalagi sampai berlebihan akan membuat usus besar kewalahan, sehingga akan memperburuk diare.

2. Cabai

Salah satu makanan yang harus dihindari saat diare adalah cabai. Selain rasanya yang memang pedas, kandungan capsaicin dalam cabai bisa memperparah diare. Zat ini dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga timbul rasa terbakar, kembung, sering buang angina, dan tentunya diare.

3. Minuman berkafein

Anda harus puasa minum kopi hitam saat sedang diare. Kandungan kafein dalam kopi ternyata membuat feses lunak. Selain itu sifat diuretiknya juga dapat menyebabkan dehidrasi yang tentu akan memperparah diare.

4. Pemanis buatan

Salah satu jenis bahan makanan yang harus dihindari ketika diare adalah pemanis buatan. Sorbitol, matinol, dan xylitol merupakan pemanis buatan yang umumnya terdapat pada permen. Bahan makanan pengganti gula ini akan diserap lebih lambat oleh sistem pencernaan tubuh dibandingkan gula biasa. Ketika sampai ke usus besar tanpa dicerna, bakteri usus akan memakan pemanis buatan ini dan memproduksi gas serta menyebabkan diare.

5. Buah dengan tingkat keasaman yang tinggi

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, nanas, ceri, kismis, dan anggur masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari ketika diare. Selain kandungan asamnya, buah-buahan ini juga banyak mengandung fruktosa. Saat sedang diare, sering terjadi malabsorpsi fruktosa yang mengakibatkan feses menjadi lunak.

6. Makanan berserat

Brokoli, kembang kol, dan kubis adalah beberapa jenis sayuran yang mengandung serat tak larut yang dapat memperburuk kondisi diare. Sayuran tersebut juga dapat menyebabkan kembung karena mengandung gas.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat diare menyerang. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan padat ketika diare. Ingat pula untuk banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Hindari minuman bersoda atau jus buah karena akan membuat diare bertambah parah.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar