Sukses

Sering Sakit Kepala dan Insomnia? Konsumsi Ini!

Jangan sampai sakit kepala dan insomnia menurunkan kualitas hidup Anda. Inilah nutrisi yang bisa mengatasi keduanya.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang mengira, sakit kepala, lemas, atau bahkan insomnia terjadi sebagai efek dari rutinitas harian. Namun tahukah Anda bahwa kondisi itu tidak melulu disebabkan oleh aktivitas fisik? Mengutip brightside, terdapat faktor-faktor lain yang bisa memicu tubuh cepat lelah dan sulit tidur di malam hari.

Salah satunya adalah faktor makanan, seperti kurang asupan magnesium dan vitamin K. Mengapa kedua asupan tersebut penting?

1. Magnesium

Magnesium berperan dalam mengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi energi. Zat ini akan merangsang sekitar 300 reaksi kimia dalam tubuh, yang dapat membuat Anda lebih bersemangat dan penuh energi.

Magnesium juga dapat membantu mengurangi sakit kepala Anda. Jadi, bila tubuh Anda kekurangan asupan zat ini, depresi dan insomnia akut mungkin dapat terjadi.

Atas alasan itu, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan magnesium sehari-hari. Anjuran konsumsi magnesium bagi pria berusia 19-30 tahun adalah 400 mg per hari. Sedangkan untuk pria usia di atas 30 tahun adalah 420 mg.Sementara itu, pada wanita berusia 19-30 tahun, anjuran mengonsumsi magnesium dalam sehari adalah 310 mg. Pada wanita berusia di atas 30 tahun, kebutuhan magnesium menjadi 320 mg per hari.

Anda bisa mendapatkan magnesium dari bayam, kacang-kacangan, ikan, daging dan alpukat.

2. Vitamin K

Vitamin K berfungsi meresistensi protein penting untuk proses penggumpalan darah dan menghentikan perdarahan. Karenanya, saat kekurangan vitamin K, Anda mungkin akan mengalami memar, perdarahan berlebih, atau bahkan sakit kepala.

Nyatanya, vitamin K merupakan zat yang akan bekerja sama dengan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Keduanya akan membawa kalsium ke tulang dan membuat tulang lebih kuat. Dengan ini, tubuh Anda dapat tertopang sempurna sehingga rasa lelah bisa berkurang.

Atas alasan itu, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin K sehari-hari. Rata-rata, pada orang dewasa (menurut rekomendasi NHS), Anda membutuhkan 0.001 mg vitamin K untuk setiap 1 kg berat badan.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, vitamin K merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh, terutama pada bayi dan balita. Kekurangan vitamin ini dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Itu karena vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Sumber utamanya adalah susu formula, sayuran, hati, dan daging. Kekurangan vitamin K dapat memperpanjang waktu perdarahan, dan perdarahan abnormal terutama pada bayi baru lahir.

Nah, sekarang Anda sudah tahu mengapa sering sakit kepala dan insomnia, serta bagaimana cara mengatasinya. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar