Sukses

Hati-hati, Makanan dan Minuman Ini Bisa Ganggu Sistem Pencernaan

Sederet makanan dan minuman di bawah ini bisa mengganggu sistem pencernaan Anda jika dikonsumsi secara berlebihan.t

Klikdokter.com, Jakarta Saat rasa lapar dan haus menyerang, terkadang Anda bisa saja mengonsumsi apapun yang ada di hadapan Anda, entah makanan dan minuman yang sehat, atau yang dapat memberi dampak buruk bagi sistem pencernaan. Tapi tunggu dulu, sekalipun Anda tengah merasa super lapar atau haus, cobalah untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat ganggu sistem pencernaan Anda, seperti yang diuraikan di bawah ini.

Terlebih lagi, jika tubuh Anda rentan dan memiliki masalah dengan perut.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng selalu memiliki tempat tersendiri di hati. Selain karena proses penyajian yang tidak memakan waktu lama, goreng-gorengan memiliki rasa khas yang dapat menimbulkan kecanduan. Tapi ternyata saat Anda mengonsumi makanan yang digoreng, terlebih jika dikonsumsi terlalu banyak, maka akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Pasalnya, setelah makan gorengan, tubuh Anda akan mengalami reaksi yang memperlambat kerja sistem pencernaan.

2. Cokelat

Saat merasa lapar, mungkin terlintas di benak Anda untuk makan cokelat sebagai pengganjal. Mengutip situs Health.com, terlalu banyak mengonsumsi cokelat ternyata berpengaruh terhadap kondisi perut dan sistem pencernaan Anda.Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2005 menunjukkan bahwa cokelat bisa menyebabkan nyeri perut yang luar biasa. Sebab coklat mengandung kafein, yang bisa merangsang kram perut, kembung, dan diare.

Jadi, sebaiknya hindarilah konsumsi cokelat secara berlebihan, apalagi jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar atau konstipasi kronis.Meskipun begitu, beberapa orang justru tidak bermasalah dengan konsumsi cokelat, namun dilaporkan memiliki masalah pencernaan setelah mengonsumsi susu. Hal itu karena orang tersebut memiliki toleransi akan laktosa yang rendah.

3. Makanan pedas

Hampir tak ada orang yang tidak menyukai jenis makanan ini. Selain ‘menantang’, makanan pedas biasanya menghadirkan sensasi yang luar biasa saat dikonsumsi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan terlalu panas dapat mengganggu pencernaan Anda. Hal itu karena rasa pedas yang memenuhi perut Anda dapat melukai lambung dan menyebabkan perut terasa panas.

Mengutip dari Prevention, penelitian telah membenarkan bahwa makanan pedas berpotensi menjadi pemicu timbulnya masalah perut. Namun, makanan pedas juga bukanlah satu-satunya pemicu bagi masalah pencernaan.

4. Kafein Kopi

merupakan sumber kafein yang paling populer. Hampir setiap warung kopi maupun kafe yang menjajakan kopi selalu dipenuhi pengunjung. Pada dasarnya, mengonsumsi kafein tidaklah seburuk itu. Yang menjadikan kafein sebagai masalah adalah saat Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Selain kafein, minuman bersoda juga dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda terganggu. Nyatanya, inti masalah bukan berada pada apa yang Anda makan, tapi bagaimana Anda memakannya.

Namun beberapa jenis makanan dan minuman di atas adalah jenis yang paling mudah memicu timbulnya masalah pada sistem pencernaan Anda. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi jenis makanan di atas secara berlebihan, dan sayangi pencernaan Anda!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar