Sukses

Inilah Nutrisi yang Tepat Usai Olahraga

Konsumsi beberapa makanan bernutrisi ini dapat membantu memulihkan energi usai olahraga.

Klikdokter.com, Jakarta Saat olahraga, tubuh tidak hanya kehilangan banyak cairan, tetapi juga kehilangan energi. Untuk mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi normal, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi tepat usai berolahraga.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga yaitu makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Makanan dengan kandungan tersebut dapat memulihkan energi dan membantu menjaga metabolisme tubuh.

Sumber karbohidrat bernutrisi tinggi dapat diperoleh dari pisang dan kentang. Pisang merupakan makanan sumber energi alami yang kaya akan karbohidrat dan mudah dicerna tubuh.

Sedangkan kentang memiliki kandungan karbohidrat yang bisa dengan mudah dibakar oleh tubuh. Karbohidrat yang ada pada kentang adalah karbohidrat kompleks, yang tidak menyebabkan dorongan gula darah berlebihan. Oleh karena itu, kandungan karbohidrat yang ada di dalam kentang dan pisang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Sementara itu, mengonsumsi protein dalam jumlah cukup usai berolahraga memberikan tubuh asupan asam amino, yang dibutuhkan untuk membangun jaringan otot baru. Penelitian menunjukan bahwa memakan 20-40 gram protein dapat memaksimalkan kemampuan tubuh untuk pulih setelah olahraga. Konsumsi karbohidrat dan protein secara bersamaan juga dapat memaksimalkan sintesis protein dan glikogen.

Menurut dr.Nitish Basant Adnani BMedSc, salah satu sumber protein terbaik yang bisa dikonsumsi setelah olah raga adalah telur. Telur mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, yang dibutuhkan tubuh setelah berolahraga.

Sebutir telur mengandung sekitar 6 gram protein, yang mencakup sekitar 15 persen dari asupan harian protein yang disarankan. Telur juga merupakan sumber protein yang baik karena mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk proses metabolisme protein dalam tubuh.

Semakin cepat konsumsi makanan kaya nutrisi usai berolahraga, hal ini akan semakin baik untuk tubuh. Sebuah penelitian menyarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut saat 30 menit atau satu jam setelah olahraga. Sedangkan, menurut penelitian lain, konsumsi makanan dua jam setelah berolahraga dapat mengurangi kemampuan otot hingga 50 persen.

Jadi, bagi Anda yang hobi olahraga, jangan pernah meninggalkan asupan makanan bernutrisi usai berolahraga. Makan setelah olahraga akan menggantikan apa yang hilang dari tubuh dan menyediakan bahan baku yang dibutuhkan untuk perbaikan dan penyembuhan. Ingat pula untuk selalu minum air putih sebelum, saat, dan setelah berolahraga agar terhindar dari dehidrasi.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar