Sukses

Kapan Ring Jantung Diperlukan?

Apakah semua penderita gangguan jantung perlu pemasangan ring jantung?

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung semakin sering ditemui. Tak hanya pada orang tua, tetapi juga anak-anak muda. Lalu, apakah semua penderita gangguan jantung perlu pemasangan ring jantung?

Pemasangan ring jantung berguna untuk menjamin adanya aliran darah yang paten ke jaringan jantung. Meski begitu, tidak semua serangan jantung memerlukan pemasangan ring. Jadi, bagaimana proses pemasangan ring yang tepat? Mari kenali berbagai tahapan penanganan sakit jantung.

Penanganan penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah tersumbatnya aliran darah jantung karena adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung. Sumbatan pada pembuluh darah ini dapat diperlambat perkembangannya dengan pemberian obat-obatan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Beberapa obat yang dapat digunakan untuk kesehatan pembuluh darah jantung adalah obat antiplatelet (mengurangi penumpukan trombosit), obat penurun kolesterol, dan obat untuk menangani tekanan darah tinggi dan diabetes.

Kateterisasi

Pada keadaan tertentu, pemasangan ring dapat dilakukan pada penderita serangan jantung. Kapankah pemasangan ring dilakukan?

Prosedur pemasangan ring didahului dengan prosedur kateterisasi untuk melihat derajat penyumbatan pembuluh darah. Prosedur kateterisasi dan pemasangan ring jantung biasanya dilakukan pada keadaan serangan jantung dengan tampilan rekam jantung (EKG) yang khas berupa peningkatan segmen ST. Tampilan ini menandakan adanya penyumbatan total pada pembuluh darah jantung.

Selain itu, apabila seseorang mengalami serangan jantung, dengan karakteristik rekam jantung tanpa gambaran peningkatan segmen ST, kateterisasi dapat dipertimbangkan, tergantung faktor risiko pasien. Namun, terdapat beberapa pertimbangan khusus pada pasien yang membuat keputusan pemasangan ring sangat individual.

Jadi, pemasangan ring jantung memerlukan pertimbangan yang matang dari dokter. Jika seseorang mengalami serangan jantung, belum tentu dirinya memerlukan pemasangan ring jantung. Konsultasikan berbagai pilihan terapi jantung dengan dokter Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar