Diet dan Nutrisi

Ingin Awet Muda? Hindari Jenis Makanan Ini

dr. Nadia Octavia, 02 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda bisa menghambat efek penuaan dini dan tetap awet muda dengan menjauhi makanan-makanan berikut ini.

Ingin Awet Muda? Hindari Jenis Makanan Ini

Baik pria maupun wanita, tentu ingin terlihat awet muda. Saat menginjak usia tua, tubuh akan mengalami banyak perubahan, seperti kulit menjadi keriput dan muncul flek hitam di wajah. Beberapa orang menjalani perawatan anti-aging di pusat kecantikan untuk menghambat perubahan tersebut dan tetap awet muda.

Tidak ada yang salah dengan pilihan itu. Namun meski Anda rajin merawat diri, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan setiap hari. Untuk menghambat penuaan dini, hindari beberapa jenis makanan di bawah ini:

1. Makanan tinggi gula

Konsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan dapat mengaktifkan proses yang disebut dengan glikasi. Molekul gula yang berlebihan akan menyatu dengan protein dan membentuk advanced glycation end products. Proses ini akan menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal. Akibatnya kulit menjadi kendur dan tak lagi kenyal.

2. Makanan olahan

Sosis, daging kaleng, dan makanan olahan lainnya sering menjadi “penyelamat” saat lapar menyerang. Namun makanan dan daging olahan semacam ini mengandung berbagai pengawet yang dapat memicu peradangan di kulit, dan mempercepat proses penuaan. Bila ingin awet muda, Anda bisa mengganti menu daging olahan dengan ikan salmon yang lebih sehat.

3. Makanan cepat saji

Kentang goreng, ayam goreng, atau hamburger di restoran cepat saji mungkin menjadi favorit Anda. Namun makanan tersebut diproses dengan cara deep fried atau menggunakan minyak yang banyak, serta tinggi akan lemak trans dan lemak jenuh. Konsumsi lemak trans dan lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini di kulit. Tak hanya itu, lemak trans dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan menjadi lebih kering, mudah mengalami kerutan, dan tampak lebih kendur. Tak hanya berdampak pada kulit, konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan di hati.

Jika Anda ingin awet muda, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman di atas. Selain itu, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan seperti buah dan sayuran. Jadikan pola makan sehat sebagai kebiasaan dan Anda pun akan merasakan manfaatnya!

[BA/ RVS]

Penuaan DinimakananAwet MudaAnti Aging

Konsultasi Dokter Terkait