Sukses

Kiat Mata Tetap Sehat bagi Pecandu Gawai

Inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar mata tetap sehat meski sering bermain gawai.

Klikdokter.com, Jakarta Pesatnya perkembangan dunia digital membuat banyak orang tidak bisa melepaskan diri dari gawai. Ketergantungan ini tentu menyimpan risiko, salah satu risikonya adalah kesehatan mata Anda.

Seperti organ penting lainnya, mata adalah salah satu organ yang juga harus Anda perhatikan kesehatannya. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar mata tetap sehat dan mendapatkan penglihatan yang baik. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, terutama bagi Anda pecandu gawai.

1. Atur pencahayaan

Pencahayaan yang baik dapat menjaga kesehatan mata. Terlalu banyak pencahayaan dapat mengganggu kinerja mata Anda. Sedangkan pencahayaan yang terlalu sedikit menyebabkan mata tertekan untuk melihat.

Posisikan layar gawai dengan tepat untuk mengurangi pantulan dari lampu. Apabila Anda menatap layar pada malam hari, sebaiknya gunakan penerangan yang cukup agar mata tidak mudah sakit. Pencahayaan memang sangat penting agar mata tetap nyaman saat menatap layar gawai dalam waktu yang lama.

2. Atur waktu istirahat

Seperti halnya tubuh yang membutuhkan istirahat untuk mengganti energi yang hilang, mata juga membutuhkan istirahat. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah metode ‘20-20-20’, yaitu istirahatkan mata selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit. Lihatlah sesuatu yang jaraknya berada sejauh 20 kaki dari Anda.

Selain itu, berkediplah sesering mungkin sebagai cara alami untuk mencuci mata. Selain dapat merusak mata, menatap layar kaca juga dapat mengurangi rasa kantuk, sehingga Anda akan sulit untuk tidur.

3. Sesuaikan sudut layar

Layar pada gawai dapat membuat mata merasa silau dan pada akhirnya akan membuat mata Anda sakit. Atur posisi layar dengan tepat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Posisi layar yang baik untuk kesehatan mata adalah 4-6 inci di bawah mata. Jika layar gawai Anda masih terlihat silau, belilah lapisan anti silau untuk meredam cahaya dari gawai yang masuk ke mata.

4. Memperbesar teks

Bagi Anda yang memiliki penyakit mata permanen (seperti minus atau plus) memperbesar teks pada gawai akan membantu Anda tidak menyipitkan mata. Hampir semua perangkat dapat disesuaikan menjadi teks yang lebih besar. Tentunya, hal ini membuat Anda lebih mudah untuk membaca teks yang terdapat di layar.

Nah, ikutilah tips-tips yang sudah dijelaskan di atas agar Anda dapat menikmati teknologi tanpa mengkhawatirkan konsekuensi kesehatan, produktivitas dan ketenangan pikiran. Bermain gawai boleh-boleh saja, tapi Anda tetap harus mempertimbangkan risiko yang dapat menimpa mata. Yuk, jaga kesehatan mata!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar