Sukses

Kombinasi Makanan Ini Bisa Ganggu Sistem Pencernaan Anda

Hati-hati, kombinasi makanan di bawah ini berpotensi mengganggu kesehatan sistem pencernaan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Mengombinasikan makanan dengan mengonsumsi dua atau lebih jenis makanan sekaligus, biasa dilakukan. Namun ternyata tidak semua makanan bisa dikonsumsi secara bersamaan. Alih-alih mendapat manfaat sehat, menggabungkan jenis makanan di bawah ini malah bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Apa saja semua itu?

1. Tomat dan Timun

Saat menjalani diet, ada pemahaman kurang tepat yang beredar. Bahwa untuk mendapatkan manfaat nutrisi dalam buah dan sayur, Anda harus mengonsumsi keduanya.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita untuk mendapatkan manfaat dari food combining ada baiknya antara buah maupun sayur haruslah dikonsumsi secara terpisah. Artinya Anda tidak boleh memakan salad yang berisi campuran sayur dan buah segar, jadi pilihlah salah satu.

Sementara mengutip dari thepositive-spirit, menggabungkan tomat dan timun adalah salah satu ide terburuk bagi perut Anda. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut memiliki waktu yang berbeda untuk dapat dicerna, sehingga Anda mungkin akan mengalami masalah pencernaan.

2. Daging dan kentang

Masih menurut Theresia, untuk menjaga sistem pencernaan, hindarilah mengonsumsi gabungan dari protein dan karbohidrat. Karena jika dikonsumsi dalam waktu bersamaan, kedua makanan ini akan memberatkan kerja sistem pencernaan.

Kombinasi antara dua jenis makanan ini belakangan menjadi populer, salah satunya menggabungkan kentang dengan daging. Seperti di beberapa restoran yang memiliki menu daging, kentang sering terlihat memenuhi piring sebagai pendamping daging.

3. Teh dan susu

Secangkir teh memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab teh – terutama teh hitam – kaya akan antioksidan yang bekerja untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan banyak penyakit kronis. Meski demikian, jangan pernah berpikir untuk menggabungkan teh Anda dengan susu.

Meski susu dikenal memiliki manfaat kesehatan, namun mengombinasikan keduanya tidak direkomendasikan.

Menurut seorang ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, RD, hal itu akan menghilangkan manfaat teh. Dikutip dari Prevention, Alissa mengatakan protein dalam susu akan mengikat antioksidan dalam teh dan mencegah tubuh menyerapnya.

Teh juga dapat menyebabkan kandungan susu menghilang. Kandungan kafein di dalam teh akan mengganggu penyerapan kalsium dari susu. Sehingga saat menggabungkan keduanya, Anda sama sekali tidak akan mendapat manfaat apapun.

4. Susu dan Nanas

Menggabungkan keduanya dapat memicu gangguan sistem pencernaan. Tak hanya nanas, produk berbahan susu sebaiknya tak pernah digabungkan dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam.

Periksa kembali daftar kombinasi makanan pada menu harian yang telah Anda siapkan. Pastikan tidak ada gabungan makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan sistem pencernaan Anda!

[D/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar