Sukses

8 Makanan yang Harus Dihindari sebelum Tidur

Inilah alasan kenapa beberapa makanan ini tidak boleh Anda makan sebelum tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak hal yang menyebabkan orang kesulitan untuk tidur, seperti masalah psikologi, medis, lingkungan, usia, bahkan rasa lapar. Khusus untuk rasa lapar, beberapa orang menyelesaikan masalah ini dengan mengunyah makanan.

Akan tetapi, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum tidur, terutama makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Berikut di antaranya:

1. Es krim

Es krim adalah sajian yang paling menggoda untuk semua orang. Namun, es krim menyimpan banyak lemak sehingga tubuh lebih membutuhkan waktu untuk membakarnya. Selain itu, gula yang terdapat pada es krim juga memompa tubuh untuk terus mengeluarkan energi dan jika disimpan di dalam tubuh, gula bisa menjadi lemak.

2. Pasta

Pasta sangat padat karbohidrat yang pada akhirnya dapat menjadi lemak. Ini tentunya dapat membuat berat badan Anda melonjak. Selain itu, kebanyakan pasta memiliki indeks glisemik yang tinggi dan ini berarti akan memengaruhi kadar gula darah Anda.

3. Bawang putih

Selain menimbulkan bau mulut, bawang putih juga dikenal sebagai “ramuan panas”. Bawang putih cenderung menimbulkan rasa mulas atau gangguan perut lainnya. Tentunya hal ini akan membuat waktu tidur Anda terganggu karena bolak-balik ke toilet.

4. Dark chocolate

Dark chocolate adalah sumber kafein yang dikenal dapat membuat tubuh Anda merasa segar. Hampir semua cokelat mengandung kafein dan stimulan seperti theobromine, yang diketahui membuat jantung berdetak lebih kencang.

5. Alkohol

Meskipun alkohol membantu tidur, hal ini tidak membuat Anda memperoleh waktu istirahat yang tahan lama dan menyegarkan. Selain itu, orang yang secara teratur menggunakan alkohol untuk tidur dapat mengalami ketergantungan bahkan rasa frustrasi.

6. Daging merah

Daging merah penuh dengan protein dan lemak yang akan membuat tubuh Anda terus bekerja sepanjang malam. Untuk mencapai kualitas tidur yang lebih dalam, idealnya Anda memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan. Daging membutuhkan waktu yang lebih lama dicerna daripada makanan lainnya.

7. Keju

Walaupun keju memiliki kualitas susu yang menenangkan, tetapi keju mengandung tyramine. Tyramine adalah asam amino yang memicu otak melepaskan norepinephrine, stimulan yang meningkatkan aktivitas otak dan menunda tidur.

8. Makanan pedas

Cabai atau sesuatu yang pedas sebaiknya dihindari sebelum tidur. Pertama, makanan pedas dapat meningkatkan detak jantung. Kedua, makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme, merangsang indra, dan membuat perut terasa panas atau mulas.

Itulah beberapa makanan yang dapat mengganggu kualitas tidur malam Anda. Jadi, jika Anda ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar