Sukses

Awas, 6 Kebiasaan Ini Picu Kerusakan Kulit !

Ingin kulit Anda tetap bersinar? Hindari beberapa kebiasaan buruk ini agar tidak terjadi kerusakan kulit.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan bagian tubuh yang perlu Anda jaga dengan baik. Tidak hanya menjaga kesehatan secara menyeluruh, kesehatan kulit juga dapat membuat penampilan Anda lebih menarik. Akan tetapi, banyak orang tidak sadar bahwa beberapa kebiasaannya justru dapat menimbulkan kerusakan kulit.

Berikut ini adalah kebiasaan yang membuat kulit Anda menjadi tidak sehat.

1. Konsumsi gula berlebih

Gula kerap dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, peningkatan berat badan dan kanker. Akan tetapi, menurut Dr. Harold Lancer, seorang dermatolog yang menangani Kim Kardashian, gula dapat menghilangkan kolagen yang membuat kulit Anda tidak bersinar.

“Gula bertindak semacam pengacak sinyal, yang memengaruhi produksi protein dan asam amino yang membangun kolagen dan elastisitas,” katanya.

2. Kurang minum air

Ketika Anda mengalami dehidrasi, kulit kusam tidak akan hilang bahkan dengan riasan wajah yang baik sekalipun. Karena kulit merupakan organ terbesar di tubuh, maka perlu terhidrasi dengan baik.

Saat kulit mengalami dehidrasi, hal ini akan menciptakan lebih banyak minyak yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat, iritasi dan kehilangan elastisitasnya. Orang yang mengalami dehidrasi juga mengalami perubahaan suasana hati karena neuron di otaknya mendeteksi dehidrasi.

3. Merokok

Tidak hanya menyebabkan penyakit seperti paru-paru atau jantung, merokok juga dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Rata-rata perokok terlihat 1,5 tahun lebih tua dari orang yang tidak merokok. Menghilangkan kebiasaan merokok tidak hanya memperpanjang usia Anda tetapi juga menjaga kesehatan kulit.

4. Malas menghapus riasan sebelum tidur

Tidur dengan wajah penuh riasan dapat menyebabkan pori-pori terblokir, yang kemudian dapat menyebabkan wajah timbul jerawat atau terkena infeksi bakteri. Luangkan waktu Anda untuk mencuci wajah setiap sebelum tidur.

5. Mandi air panas

Selama musim dingin, banyak orang ingin mandi dengan air panas. Akan tetapi, banyak orang tidak sadar bahwa kulit wajah memiliki tekstur yang lebih halus dan sensitif dibandingkan kulit lain. Sehingga, penggunaan air panas untuk membersihkan kulit dapat melemahkan kapiler pada kulit. Akibatnya, dapat menyebabkan kemerahan dan kekeringan pada kulit Anda.

6. Mengabaikan tabir surya

Terlepas dari apakah musim panas atau musim dingin, Anda perlu menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dan tanpa perlindungan tabir surya dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius.Sangat dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum Anda keluar rumah.

Nah, jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya, selalu terlihat segar dan terhindar dari kerusakan kulit, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari enam kebiasaan buruk di atas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar