Sukses

Mudah Lelah, Pertanda Tubuh Kurang Nutrisi

Tubuh Anda sering merasakan lelah meski waktu istirahat sudah cukup? Bisa jadi kekurangan asupan nutrisi.

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah kesibukan menjalani aktifitas sehari-hari rasa lelah pasti Anda alami. Jalan satu-satunya untuk memulihkan tenaga adalah dengan istirahat. Namun, jika rasa lelah yang Anda rasakan tak kunjung hilang, ini menandakan tubuh Anda kekurangan nutrisi

Sejumlah pakar mengungkapkan, kelelahan dan kekurangan energi seringkali merupakan gejala awal kekurangan vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa nutrisi penting untuk mendongkrak stamina Anda agar tak mudah lelah:

1. Vitamin B

Vitamin B diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Jika Anda kekurangan vitamin B, kemampuan sel mitokondria untuk menghasilkan energi akan terganggu.

Mitokondria adalah semacam rumah yang menyimpan tenaga untuk menghasilkan energi yang mendorong proses fisiologis. Kurangnya vitamin B bisa membahayakan urutan reaksi biokimia yang diperlukan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

2. Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting bagi tubuh karena terlibat dalam 300 reaksi metabolik. Magnesium dibutuhkan untuk membentuk dan menyimpan molekul energi.

Defisiensi magnesium merusak jalur produksi energi yang dibutuhkan oleh mitokondria. Kekurangan magnesium juga mengurangi kemampuan mitokondria untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari zat besi dan peradangan tingkat rendah.

Peradangan kronis dan stres oksidatif keduanya telah diidentifikasi sebagai faktor penyebab kelelahan dan sindrom kelelahan kronis.

3. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa kimia yang menetralkan radikal bebas dengan mencegah oksigen bereaksi dengan senyawa lainnya. Seperti vitamin B, antioksidan terlibat dalam produksi energi mitokondria.

Kemampuan mitokondria tidak berfungsi dengan baik apabila terdapat radikal bebas, konsekuensinya stres oksidatif akan meningkat. Kerusakan ini mengakibatkan penurunan produksi energi oleh beberapa sel mitokondria.

Karena itu, antioksidan seperti vitamin C, E dan selenium diperlukan untuk mendukung produksi energi sel mitokondria.

4. Asam pantotenat (vitamin B5)

Asam pantotenat berperan besar dalam membantu tubuh melepaskan energi dari makanan. Hal ini sangat membantu karena dapat menambah tingkat kebugaran Anda. Asam pantotenat dapat ditemukan pada daging, ikan, kacang-kacangan, gandum utuh, dan sereal.

Itulah beberapa nutrisi yang harus dipenuhi apabila tubuh Anda mengalami kelelahan secara terus menerus. Selain itu, rasa lelah juga dapat diatasi apabila Anda mampu mengelola stres, pola makan dan waktu tidur dengan baik.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar