Sukses

Kebiasaan di Pagi Hari yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, ada kebiasaan baik di pagi hari yang dapat membantu menurunkan berat badan. Apa saja? Yuk, simak lengkapnya di sini.

Faktanya, mengubah beberapa kebiasaan di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. Anda hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk melakukan perubahan kebiasaan tersebut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah pola tidur. Anda disarankan untuk tidur lebih awal dan bangunlah lebih pagi untuk melakukan beberapa kebiasaan berikut ini. 

1 dari 5 halaman

1. Pusatkan Perhatian

Memusatkan perhatian atau mindfulness adalah praktik yang dilakukan dengan melibatkan kesadaran penuh kepada pikiran maupun perasaan Anda. Memusatkan perhatian ini bertujuan untuk menenangkan pikiran Anda sebelum beraktivitas. 

Coba luangkan waktu selama lima menit setiap pagi untuk duduk di tempat yang nyaman dan tenang. Gunakan semua indra yang Anda miliki untuk merasakan apa yang benar-benar sedang terjadi, misalnya dengan mendengar, mencium aroma, atau bahkan meraba sesuatu.

Menurut beberapa penelitian, praktik mindfulness dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi perilaku makan yang bisa menyebabkan obesitas. Penelitian lain mencatat bahwa pemusatan perhatian atau kesadaran menghasilkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. 

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Jika selama ini tujuan pertama saat bangun tidur adalah ke kamar mandi, maka ubahlah kebiasaan tersebut. Setelah bangun tidur, cobalah untuk keluar kamar dan beranjak ke tempat-tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari, lalu berjemurlah.

Cahaya matahari pagi memiliki peran penting dalam proses penurunan berat badan. Sebab, paparan sinar matahari dapat membantu mengontrol hormon pemicu rasa lapar. Untuk itu, cobalah untuk berjemur di bawah cahaya matahari sekitar 10-15 menit di pagi hari.

Artikel Lainnya: Lakukan 5 Kebiasaan ini untuk Mewujudkan Keluarga Sehat

2 dari 5 halaman

3. Aktif Bergerak dan Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu aktivitas atau kebiasaan di pagi hari yang sangat bermanfaat. Anda bisa lari pagi mengelilingi lingkungan perumahan atau sekadar berjalan santai di sekitar tempat tinggal.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Medicine and Science in Sports and Exercise, berjalan kaki selama 45 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Menghitung dan Merencanakan Asupan Kalori Harian

Membuat rencana dan menghitung jumlah kalori yang Anda makan bisa menjadi cara efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Cara tersebut juga dapat menjaga diri Anda semakin terbiasa dalam melakukan pola hidup sehat. 

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang memantau kalori makanan dan berolahraga, akan kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak melakukan hal tersebut. 

Untuk menghitung kalori sehari-hari, coba gunakan aplikasi di handphone atau bahkan tulis secara manual di kertas. Anda dapat mulai menghitung kalori  saat sarapan di pagi hari setelah bangun tidur.

Artikel Lainnya: Menghitung Berat Badan Ideal

3 dari 5 halaman

5. Sarapan Sehat

Masukkan protein ke dalam menu sarapan Anda. Sebab, protein membuat Anda cepat kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

Makanan kaya protein juga sangat baik untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Agar berat badan tetap terkontrol, pastikan Anda mendapat asupan protein setidaknya 25 sampai 30 gram saat sarapan, misalnya dengan mengonsumsi telur atau yoghurt.

6. Bangun dari Tidur Cukup

Tidur cukup adalah kunci untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Umumnya orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam di malam hari. Sebuah penelitian menyatakan, saat Anda memiliki waktu tidur di malam hari yang lebih panjang (hingga 90 menit), maka akan terjadi penurunan nafsu makan.

Sebaliknya, menurut American Journal of Clinical Nutrition orang yang kurang tidur di malam hari akan mengalami peningkatan selera makan. Rata-rata orang akan makan lebih banyak kalori saat mereka kurang tidur di malam hari.

Artikel Lainnya: 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Panjang Umur

4 dari 5 halaman

7. Minum Air Putih

Sebelum makan pagi, biasakan minum dua gelas air putih. Minum air putih tak hanya membantu memulihkan cairan tubuh setelah tidak minum semalaman, kebiasaan ini  juga membantu mengurangi keinginan makan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan kehilangan hampir 44 persen bobot tubuhnya hanya dengan minum dua gelas air sekitar 30 menit sebelum makan.

8. Jangan Lupa Bersyukur

Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa bersyukur dapat meningkatkan kesehatan Anda dan membantu menurunkan berat badan. Mempraktikkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih atas kehidupan yang Anda jalani, bisa membantu Anda merasa lebih optimis dan meningkatkan kepercayaan diri. 

Hasilnya? Anda akan lebih mampu mengendalikan perilaku makan berlebihan dan lebih bersemangat dalam berolahraga.

Itu dia beberapa kebiasaan pagi yang bermanfaat dan bisa membantu menurunkan berat badan. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda menggabungkan kebiasaan pagi ini dengan makan makanan bergizi serta melakukan gaya hidup sehat lainnya. Untuk tahu cara menurunkan berat badan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar