Sukses

Mendeteksi Gangguan Kesehatan Lewat Penampilan Anda

Sedikit perubahan pada penampilan Anda bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Penampilan Anda sering dikaitkan dengan kondisi atau gangguan kesehatan. Seperti saat Anda sakit, biasanya orang lain akan mendeteksi dari wajah yang mungkin terlihat pucat atau genggaman tangan Anda yang terasa lebih lemah.

Faktanya kondisi kesehatan Anda memang bisa tercermin dari penampilan. Menurut seorang ahli dari Institute for Health & Healing di San Francisco, Molly M. Roberts, MD, perubahan pada penampilan Anda bisa saja merupakan sinyal awal bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda.

Lalu, perubahan seperti apa saja yang harus diwaspadai? Apa masalah kesehatan yang biasanya ditandai dengan perubahan penampilan?

1. Kaki Bengkak

Jika Anda pada suatu waktu mengalami kaki bengkak, waspadalah. Ada banyak jenis penyakit yang gejalanya diawali dengan kaki bengkak, seperti kelebihan berat badan atau obesitas hingga diabetes. Efek dari obat-obatan tertentu terkadang juga membuat kaki bengkak. Dan yang paling harus diwaspadai adalah gagal jantung. Sebab kaki bengkak dan beberapa masalah kaki merupakan gejala klasik dari penyakit ini.

2. Mata Terasa Selalu Lelah

Biasanya mata lelah adalah tanda bahwa Anda terlalu banyak begadang sehingga mata kurang kurang beristirahat. Biasanya kondisi ini akan dibarengi dengan kantung mata dan lingkaran hitam di area mata.

Namun, jika Anda cukup tidur tetapi mata masih terasa lelah, coba ingat apa saja yang telah Anda konsumsi hari ini. Salah satu penyebab utama mata selalu lelah adalah makan terlalu banyak garam.

Hal ini disebabkan makanan dengan sodium tinggi akan meningkatkan retensi air ke seluruh tubuh. Tak terkecuali daerah bawah mata yang sensitif.

3. Kulit Kering

Setiap orang mengalami kulit kering dari waktu ke waktu. Biasanya kulit kering terjadi karena faktor cuaca atau kurang merawat kesehatan kulit.

Namun, pada beberapa kasus, kulit kering bisa jadi tanda bahwa tubuh Anda tengah dehidrasi. Bahkan bisa menjadi masalah kesehatan lain yang lebih serius, misalnya karena kekurangan nutrisi yang terkait dengan pola makan atau makan yang buruk.

Gejala aterosklerosis biasanya juga dimulai dari kulit. Aterosklerosis adalah kondisi dimana dinding arteri menjadi lebih tebal dan tak lagi lentur. Dan kondisi ini dapat memicu penyakit jantung.

4. Kulit Keriput

Kulit keriput adalah satu hal yang tak dapat dihindari. Umumnya keriput akan ditemukan pada orang yang telah berusia lanjut. Namun, paparan bahan kosmetik dan perawatan kulit yang kurang juga dapat mengeriputkan kulit lebih cepat.

Dan hal lain yang mungkin ingin disampaikan oleh keriput adalah osteoporosis. Sebuah penelitian baru mengungkapkan adanya hubungan antara keriput dan kesehatan tulang pada wanita usia menopause dini. Semakin buruk kerutan, semakin besar risiko kepadatan tulang lebih rendah.

5. Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah yang paling sering terjadi. Namun biasanya orang tidak menyadari bahaya di balik kondisi itu.

Pada wanita, rambut rontok bisa menjadi tanda tiroid yang kurang aktif atau justru terlalu aktif. Lakukanlah pemeriksaan untuk memastikan hal itu.

Rambut rontok juga biasanya disebabkan oleh masalah hormon, stres, memasuki masa kehamilan, hingga efek samping dari obat. Kebiasaan seperti merokok dan terlalu lama terpapar matahari juga bisa jadi memicu rambut rontok.

Selain kondisi-kondisi tersebut, ada banyak tanda yang mungkin disampaikan tubuh sebagai indikasi adanya gangguan kesehatan. Lakukanlah pemeriksaan berkala dan segera temui dokter jika Anda merasa ada perubahan mendadak ke arah yang tidak seharusnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar