Sukses

Power Nap Ampuh Kembalikan Stamina Anda

Tidur siang sejenak ternyata punya segudang manfaat, termasuk mengembalikan stamina Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Rasa kantuk merupakan musuh terbesar otak dalam bekerja. Bila rasa kantuk datang, otak akan bekerja lebih lambat. Alhasil, kreativitas dan produktivitas pun terhambat. Tidur siang sejenak yang termasuk power nap dapat menjadi salah satu solusi.

Power nap terbukti dapat meningkatkan stamina, kebugaran, dan produktivitas di tempat kerja. Mau tahu bagaimana cara tepat melakukannya?

Sebuah studi oleh Dhand R. dan Sohal H. telah menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh kedua ilmuwan tersebut membuktikan bahwa dengan tidur siang setidaknya 10 menit, produktivitas dan kesiagaan Anda akan jauh lebih meningkat.

Namun perlu diperhatikan, durasi tidur lebih dari 30 menit justru berpotensi menimbulkan gangguan tidur di malam hari. Jadi jika ingin mengembalikan stamina bekerja, lakukanlah tidur siang sejenak selama 10–20 menit.

Penelitian lain yang dipublikasi melalui Journal of Sleep juga membuktikan bahwa kombinasi power nap dan konsumsi kafein dari kopi jauh lebih meningkatkan produktivitas kerja dibandingkan dengan konsumsi kopi saja.

Selain durasi, Anda juga harus memperhatikan waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan power nap. Agar tidur siang sejenak menjadi lebih efektif, pastikan Anda memilik tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Jika memungkinkan, redupkan lampu dalam ruangan yang akan Anda gunakan untuk tidur siang.

Selain itu, waktu dalam melakukan power nap juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk melakukannya jauh dari jam tidur malam, namun hindari juga melakukannya terlalu dini. Kendati tidak ada jam mutlak, waktu istirahat siang sebenarnya dapat menjadi alokasi ideal untuk melakukan power nap.

Nah, sudah tahu kan rahasia tetap bugar dan stamina di jam kerja? Tidak harus tunggu mengantuk.

Anda dapat menjadwalkan tidur siang sejenak yang termasuk power nap ini untuk membantu mendongkrak semangat dan produktivitas di tempat kerja. Hasilnya, Anda dapat meraih prestasi yang selama ini diimpikan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar