Sukses

Benarkah Berenang Bisa Atasi Kesemutan?

Anda kerap mengalami kesemutan saat sedang beraktivitas fisik? Kurangi keluhan tersebut dengan berenang.

Klikdokter.com, Jakarta Kesemutan merupakan keluhan yang berlangsung singkat, lalu hilang secara perlahan. Kesemutan dapat muncul akibat peredaran darah yang tidak lancar ke bagian tubuh tertentu. Sebab lainnya adalah gangguan persarafan ringan ke daerah tersebut.

Kesemutan yang datang tiba-tiba saat sedang beraktivitas fisik tentu sangat mengganggu. Sebenarnya ada banyak hal yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi kesemutan, salah satunya yaitu berenang.

Berenang cocok untuk orang yang mengalami gangguan tulang, sendi, persarafan, dan peredaran darah. Mengapa demikian? Sebab, olahraga jenis ini merupakan olahraga low impact.

Beban tubuh yang diberikan kepada sendi dan tulang sangat minim. Penggunaan energinya pun dilakukan secara bertahap. Jadi, olahraga jenis low impact dapat membantu menghindari kelebihan beban pada sendi.

Selain baik untuk tulang dan sendi, berenang juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan peredaran darah.

Salah satu penelitian yang dipublikasi di Jornal of Pain membuktikan bahwa berenang mampu menurunkan nyeri ringan akibat gangguan saraf yang mengakibatkan ketidaknyamanan, termasuk kesemutan.

Berenang seperti apa yang baik dan benar?Ingin mengurangi kesemutan dengan berenang? Anda harus berenang dalam kondisi relaks, bukan berenang untuk kompetisi. Jangan lupa, lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot terhindar dari kram.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan suhu air di kolam renang. Suhu air yang terlalu dingin justru dapat memicu masalah baru seperti kram otot.

Anda bisa memilih kolam renang di dalam ruangan yang airnya tidak terlalu dingin. Atau berenanglah di sore hari saat air kolam sudah cukup banyak menyerap sinar matahari.

Terkait frekuensi berenang, tidak ada patokan yang ketat. Secara umum, olahraga dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu, selama minimal 30 menit. Anda bisa membagi durasinya sesuai kemampuan, tidak harus terus-menerus bergerak selama setengah jam.

Bila jarang berenang, Anda bisa memulainya saat akhir pekan nanti. Olahraga renang tidak hanya cocok untuk mengisi waktu bersama keluarga, tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan termasuk mengurangi kesemutan.

Bila memiliki tubuh yang senantiasa sehat, Anda tentu menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan semangat yang tinggi, Anda pasti dapat meraih prestasi yang selama ini diimpikan.

[BA/ RH]

3 Komentar

  • Arh Abdurachman

    Mulai besok saya coba meninggalkan kopi. Dan berpuasa senin dan kamis. Perubahan kesehatan akan saya sampaikan bulan yad.

  • Arh Abdurachman

    Vitamin apa yg baik untuk di konsumsi selain berenang? Apakah kebiasaan konsumsi kopi juga memicu kesemutan?

  • Arh Abdurachman

    Saya terapi berenang yg dianjurkan oleh dokter baru 3x ternyata membantu mengurangi kesemutan tangan kanan saya serta mengurangi aktivitas berulang tangan saya ternyata kesemutan hilang. Kesemutan muncul bila menggerakkan tangan. Apakah kesemutan ini hilang permanen dokter untuk usia saya 64th ini?