Sukses

7 Makanan Ini Lebih Sehat bagi Tubuh Setelah Dimasak

Beberapa makanan ini harus dimasak, untuk mengeluarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi bahan makanan sehat seperti buah dan sayur lebih baik dimakan dalam keadaan mentah. Pendapat ini didasari pada keyakinan bahwa suhu tinggi saat proses memasak dipercaya bisa mengurangi nutrisi pada makanan.

Faktanya, terdapat sejumlah makanan tertentu yang ternyata memang memiliki lebih banyak manfaat setelah dimasak, ketimbang dikonsumsi saat mentah. Berikut ini adalah enam makanan yang harus dimasak untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

1. Asparagus

Suhu panas dapat membantu memecah dinding sel tebal yang terdapat di asparagus, sehingga kandungan vitamin A, C, E dan folat mampu diserap oleh tubuh. Terlebih lagi, memasak asparagus membuat antioksidan, khususnya asam ferulic, lebih banyak disediakan untuk tubuh.

2. Wortel

Wortel yang dimasak memiliki tingkat penyerapan antioksidan yang lebih tinggi untuk tubuh karena menghasilkan beta karoten yang lebih banyak. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam penglihatan, reproduksi, pertumbuhan tulang, dan pengaturan sistem kekebalan tubuh.

3. Tomat

Suhu tinggi saat proses memasak mampu meningkatkan kandungan likopen (lycopene) dan menghancurkan dinding sel, sehingga membiarkan tubuh menyerap vitamin dan nutrisi yang terikat pada tomat.Studi telah menghubungkan asupan likopen yang tinggi dengan penurunan risiko kanker dan serangan jantung. Likopen juga bisa menjadi antioksidan yang lebih baik dibandingkan dengan vitamin C.

4. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang banyak memasok antioksidan bagi tubuh. Memasak bayam membuat kandungan antioksidannya tetap terjaga sehingga membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih baik.

5. Jamur

Jamur harus dimasak untuk mengeluarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebab protein, vitamin B dan mineral yang terdapat di dalam jamur tidak dapat dicerna oleh tubuh dalam kondisi mentah.

6. Labu

Labu memberikan manfaat gizi lebih besar bila dimasak, karena kandungan beta karoten pada labu akan lebih mudah didapat jika sudah melewati proses masak.

7. Paprika merah

Kandungan likopen pada paprika merah akan bermanfaat untuk tubuh jika sudah dimasak. Paprika merah sendiri akan lebih baik diserap tubuh jika ditambahkan sedikit lemak seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Itulah beberapa bahan makanan sehat yang memberikan manfaat untuk tubuh jika sudah dimasak. Meski begitu, terdapat beberapa makanan yang tetap bermanfaat meski dikonsumsi dalam keadaan mentah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar