Sukses

Infeksi Saluran Pernapasan Serang Pengungsi Gunung Agung

Pada kasus bencana alam, seperti meletusnya Gunung Agung, para pengungsi sering mengalami infeksi saluran pernapasan. Bagaimana mencegahnya?

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, penduduk di sekitar Gunung Agung terpaksa harus mengungsi. Di antara ribuan pengungsi banyak pula yang terkena infeksi saluran pernapasan, batuk, dan pilek. Hal itu terjadi karena gunung berapi dapat mengeluarkan abu dan gas yang memengaruhi saluran pernapasan manusia. Abu yang dikeluarkan sangat kecil hingga mudah terhirup sampai ke paru-paru.

Di samping itu, ditemukan pula fakta bahwa abu dari gunung berapi dapat memengaruhi sistem imun manusia, terutama sel makrofag. Sel makrofag bertugas untuk mengenali dan membunuh sel penyebab penyakit, misalnya bakteri. Abu dari gunung berapi bisa mengganggu fungsi sel makrofag, sehingga saluran pernapasan rentan terkena infeksi.

Karena abu dapat menyebar hingga jauh, banyak orang selain pengungsi dapat terkena dampak buruknya. Bila di daerah tempat tinggal Anda terdapat hujan abu, Anda dapat menerapkan beberapa hal berikut ini untuk mencegah infeksi saluran pernapasan.

1. Hindari abu masuk ke dalam ruangan

Caranya dengan menutup semua pintu dan jendela. Selain itu, celah pada pintu atau jendela sebaiknya ditutup dengan kain basah.

2. Hindari keluar ruangan

Anda dan keluarga tidak disarankan pergi ke luar ruangan saat abu sedang menyebar. Pada saat seperti itu, Anda dan keluarga sebaiknya tinggal di dalam ruangan yang sudah ditutup.

3. Hindari berkendara

Berkendara juga dapat membahayakan nyawa saat sedang hujan abu. Sebab, hujan abu dapat mengganggu pandangan dan membuat jalanan menjadi licin.

4. Perlindungan pribadi

Langkah selanjutnya untuk mencegah infeksi saluran pernapasan akibat hujan abu yaitu sebisa mungkin Anda dan keluarga harus menggunakan masker khusus. Apabila sulit menemukan masker atau tidak tersedia, Anda dapat membuat masker sendiri dengan menggunakan kain. Kain akan berguna sebagai filter untuk partikel debu yang kecil. Agar lebih efektif, Anda dapat mencoba membasahi kain tersebut.

5. Perhatian khusus bagi anak

Jagalah anak Anda dan usahakan agar tidak bermain atau bergerak aktif. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan usaha napas, sehingga partikel abu lebih mudah terhirup hingga ke paru-paru.Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan para pengungsi untuk mencegah infeksi saluran pernapasan akibat abu gunung berapi.

Intinya, Anda dan keluarga harus mengurangi paparan abu yang bisa mengganggu kesehatan. Bencana Gunung Agung harus menjadi pelajaran bersama.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar