Sukses

Benarkah Polusi Udara Picu Terjadinya Gagal Ginjal?

Ada banyak penyebab risiko gagal ginjal. Tapi benarkah kondisi ini bisa juga diakibatkan oleh paparan polusi udara?

Klikdokter.com, Jakarta Ancaman bagi masyarakat yang tinggal di kota besar salah satunya adalah polusi udara. Tidak hanya mengancam kesehatan jantung dan paru-paru, polusi udara juga dapat meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of the American Society of Nephrology, terdapat hubungan antara tingkat polusi udara dan risiko penurunan fungsi ginjal yang kemudian dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Untuk penelitian ini, para ilmuwan dari Washington University School of Medicine dan Veterans Affairs Clinical Epidemiology Center meneliti data dari orang-orang yang tinggal di beberapa wilayah di Amerika dengan berbagai tingkat polusi udara.

Sementara itu, tim mendapatkan informasi polusi udara dari satelit NASA agar memperoleh hasil yang lebih akurat. Hasilnya menunjukkan, terdapat 44.793 kasus penyakit ginjal dan 2.438 kasus gagal ginjal di daerah tersebut dengan tingkat polusi udara yang tinggi.“Yang benar-benar mengejutkan adalah bahwa data NASA memberi kita hasil yang sama, bahwa ada hubungan antara paparan polusi udara dan kesehatan ginjal,” kata Dr. Ziyad Al-Aly selaku Direktur epidemiologi klinis di VA Saint Louis Health Care System, seperti dikutip dari newsweek.com Al-Aly menjelaskan, bahwa partikel kecil dalam polusi udara bisa melewati paru-paru dan memasuki aliran darah yang pada akhirnya akan mengganggu kerja ginjal.

Sementara itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh China’s Southern Medical University mengungkapkan bahwa paparan polusi udara dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko kerusakan pada ginjal dan juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dengan signifikan.

Dengan demikian, akan ada banyak sekali racun yang bisa memasuki tubuh dan berimbas pada banyak organ tubuh, salah satunya adalah ginjal yang harus bekerja dengan lebih keras untuk menyaring dan membuang racun-racun.Jika hal ini terus terjadi, maka ginjal pun lambat laun akan mengalami kerusakan yang fatal.

Meski begitu, penelitian mengenai polusi udara dan kaitannya dengan penyakit gagal ginjal masih dibutuhkan studi lebih lanjut. Yang pasti, Anda harus selalu waspada terhadap paparan polusi udara karena dapat memicu timbulnya penyakit lain. Sayangi ginjal Anda dengan menghindarkan diri dari paparan polusi udara.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar