Sukses

Catat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Agar Kulit Tidak Berminyak

Makanan ikut berpengaruh terhadap kondisi kulit Anda. Bagi yang memiliki kulit berminyak, hindari beberapa jenis makanan ini.

Salah satu masalah kulit yang kerap menimpa adalah kulit berminyak dan berjerawat. Bagi pemilik kulit berminyak, menjaga agar kulit tetap sehat dan bebas jerawat bukanlah perkara mudah, bahkan perlu perjuangan.

Selain beberapa faktor yang berperan, seperti lingkungan, stres, dan perubahan hormon, faktor makanan pun ikut berpengaruh terhadap kondisi kulit, khususnya kulit berminyak.

Konsumsi makanan penyebab kulit berminyak dapat semakin meningkatkan produksi kelenjar minyak, sehingga pada akhirnya mencetuskan jerawat.

Lalu, apa sajakah makanan yang harus dihindari agar kulit tidak berminyak dan berjerawat? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Riset menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat simpleks, seperti roti putih, nasi putih, mie, memiliki risiko 30 persen lebih tinggi mengalami jerawat.

Ini terjadi karena gula yang dimetabolisme dari makanan penyebab kulit berminyak tersebut dapat membuat produksi minyak kulit meningkat. Bila tersumbat, maka akan menimbulkan jerawat.

Artikel Lainnya: Mengungkap Salah Kaprah tentang Kulit Berminyak

2. Susu

Susu atau dairy product paling sering dikaitkan dengan terjadinya jerawat dan kulit yang makin berminyak. Penelitian sudah membuktikan hubungan antara susu dan produk olahan susu dengan tingkat keparahan jerawat pada remaja.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi susu atau es krim berbahan dasar susu secara rutin, empat kali lebih berisiko mengalami kulit berminyak dan berjerawat.

Meski hingga saat ini masih belum jelas mekanisme yang mendasarinya, banyak ahli kesehatan menganjurkan untuk membatasi konsumsi susu dan produk olahannya bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

2 dari 4 halaman

3. Makanan Gorengan

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang dengan kandungan lemak yang tinggi akan lebih rentan berjerawat.

Pasalnya, makanan yang harus dihindari kulit berminyak dan berjerawat ini dapat meningkatkan reaksi peradangan sehingga menimbulkan jerawat.

Contoh makanan dengan kandungan lemak tinggi, misalnya gorengan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari konsumsi makanan tersebut bila ingin kulit bebas dari jerawat.

Artikel Lainnya: 5 Bahan Skin Care Ini Bikin Kulit Berminyak Makin Berminyak

4. Cokelat

Sebenarnya, cokelat sebagai makanan penyebab kulit berminyak dan berjerawat masih menimbulkan perdebatan. Sebab, belum ada ketentuan jelas apakah cokelat memang benar-benar dapat mencetuskan jerawat.

Di satu sisi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat meningkatkan risiko kulit makin berminyak dan terjadinya jerawat. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi 25 gram cokelat sehari meningkatkan jumlah lesi jerawat dalam dua minggu.

Namun di lain pihak, banyak juga studi lain yang menunjukkan bahwa jerawat timbul karena banyak faktor, bukan hanya cokelat.

Meski demikian, bila kulit Anda adalah tipe kulit berminyak dan rentan berjerawat, ada baiknya membatasi konsumsi cokelat. Selain untuk mengurangi risiko terjadinya jerawat, membatasi konsumsi cokelat juga dapat menurunkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes di kemudian hari.

Artikel Lainnya: Kiat Mudah agar Kulit Berminyak Tidak Berjerawat

3 dari 4 halaman

5. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji, seperti hamburger, daging olahan, kentang goreng, minuman bersoda, dan milkshake merupakan makanan tinggi garam sehingga termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari kulit berminyak dan berjerawat.

Sebuah studi di Cina menunjukkan bahwa remaja yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan garam dari makanan siap saji dapat meningkatkan risiko terbentuknya jerawat.

6. Alkohol

Alkohol sendiri tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Akan tetapi, konsumsi alkohol dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.

Alkohol dapat menimbulkan reaksi peradangan pada tubuh, termasuk di kulit sehingga meningkatkan risiko jerawat, apalagi bagi pemilik kulit berminyak. Oleh karenanya, Anda sebaiknya menghindari makanan penyebab kulit berminyak dan berjerawat ini.

Selain itu, alkohol juga dapat menimbulkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan karena sifat diuretiknya yang menyebabkan Anda akan buang air kecil lebih sering.

Dehidrasi akan membuat kulit Anda memproduksi minyak lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Memiliki tipe kulit berminyak memang tidak mudah. Karena itu, Anda perlu mengetahui jenis makanan penyebab kulit berminyak sehingga dapat menghindari atau membatasi konsumsi makanan tersebut. Dengan demikian, Anda akan memiliki kulit sehat bercahaya.

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat dapat Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter seputar masalah kesehatan yang dialami. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar