Sukses

5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Kulit Berminyak

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kulit berminyak, hindari beberapa makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi beberapa orang, menjaga kulit tidak berminyak dan bebas dari jerawat adalah sebuah perjuangan. Faktor lingkungan, stres, dan perubahan hormon menjadi halangan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kondisi kulit berminyak juga dapat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan? Pemilihan makanan untuk kulit berminyak memiliki peran besar karena hal ini dapat mengontrol produksi sebum di kulit.

Untuk membantu memerangi kulit berminyak dan terhindar dari jerawat, hindari mengonsumsi terlalu banyak lima makanan ini, karena dapat menyebabkan penumpukan produksi minyak di kulit.

1. Makanan gorengan

Penelitian menemukan, seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat. Ini dapat ditemukan pada makanan gorengan, misalnya kentang goreng. Jadi, untuk mencegah kulit semakin berminyak, hindarilah memasak dengan cara menggoreng atau memasukkan terlalu banyak minyak.

2. Susu

Konsumsi susu sering dikaitkan dengan peningkatan jerawat. Hal ini terjadi karena produk susu mengandung kadar hormon tinggi yang menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon di dalam susu, beralihlah ke produk alternatif lain seperti susu almon.

3. Makanan berkarbohidrat

Makanan seperti roti, nasi putih, dan karbohidrat olahan lainnya memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya mereka dapat menaikkan kadar gula darah secara cepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan jerawat.

4. Gula

Gula mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Selain itu, mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar insulin yang pada akhirnya bisa menyebabkan peradangan di kulit.

5. Alkohol

Saat Anda mengonsumsi alkohol, panas di tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan lebih mudah berkeringat. Keringat yang meningkat menyebabkan pori-pori tersumbat yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

Memiliki jenis kulit berminyak memang tidak bisa dianggap sepele. Baik pria maupun wanita bisa saja mengalami masalah ini. Sebagian masalah yang ditimbulkan akibat kulit berminyak adalah jerawat dan komedo. Untuk itu, hindarilah beberapa makanan yang sudah dijelaskan di atas, agar kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar