HomeInfo SehatKankerBenarkah Makanan Berlemak Sebabkan Kanker Paru?
Kanker

Benarkah Makanan Berlemak Sebabkan Kanker Paru?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 27 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konsumsi makanan berlemak sering dikaitkan dengan berbagai dampak kesehatan. Namun, benarkah makanan berlemak akibatkan kanker paru?

Benarkah Makanan Berlemak Sebabkan Kanker Paru?

Asupan makanan berlemak yang berlebih dapat menjadi salah satu faktor risiko terjadinya berbagai penyakit. Dewasa ini juga terdapat banyak penelitian yang bertujuan untuk mempelajari kaitan antara konsumsi makanan berlemak dan berbagai jenis kanker, salah satunya adalah kanker paru.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Oncology mempelajari berbagai studi klinis yang dilakukan untuk mengamati pola makan individu yang didiagnosis mengalami kanker paru. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, orang yang mengonsumsi jumlah lemak total dan lemak jenuh yang tinggi, memiliki kemungkinan 14 persen lebih tinggi terkena kanker paru.

Secara spesifik, hasil penelitian tersebut menyampaikan bahwa meningkatkan asupan lemak tidak jenuh ganda dan menurunkan asupan lemak jenuh, terutama pada perokok, dapat membantu mencegah tidak hanya penyakit jantung, namun juga kanker. Sayangnya, jurnal tersebut tidak mempelajari dua faktor nutrisi lain, yakni gula dan trans fat, yang juga dianggap dapat memengaruhi terjadinya kanker.

American Heart Association merekomendasikan pola makan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) atau diet Mediterania untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Kedua jenis diet ini mengajak para pelaku diet agar memasak menggunakan minyak sayur dengan lemak tidak jenuh. Selain itu juga mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, produk susu rendah lemak, whole grain, ikan dan unggas. Anjuran lainnya adalah membatasi asupan daging merah, gula tambahan, dan garam.Diet jenis ini dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Selain itu, para pakar juga mengatakan bahwa hal ini juga baik dalam pencegahan kanker.

Sebagai tambahan, pola makan DASH yang disarankan tersebut tidak berarti bahwa seseorang harus sepenuhnya menghentikan asupan daging merah dan garam. Akan tetapi, membatasi asupan masakan berlemak sesuai anjuran yang direkomendasikan. Cara ini bisa memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan, salah satunya adalah terbebas dari kanker paru. Jadi, jaga asupan makanan Anda mulai saat ini!

Cari tahu informasi kesehatan tepercaya lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung ke dokter dengan menggunakan fitur Live Chat.

[NP/ RVS]

Makanan berlemakmakanan berlemak dan kanker paru

Konsultasi Dokter Terkait